nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Hanya Desain, Ketahui Juga seperti Apa Teknik Pembuatan Perhiasan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 06:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 17 194 1887871 jangan-hanya-desain-ketahui-juga-seperti-apa-teknik-pembuatan-perhiasan-CWjOMzHIBH.jpg Perhiasan (Foto: Bluemaize)

PERHIASAN dan wanita bisa dibilang merupakan satu kesatuan yang masing-masing kehadirannya melengkapi satu sama lain.

Layaknya pulasan make-up, pemakaian perhiasan pun dapat menjadi faktor penunjang di diri seorang wanita. Menambah kecantikan, aura elegan, dan menjadi fashion statement adalah sederet fungsi pemakaian perhiasan bagi wanita.

Bicara soal perhiasan, kebanyakan wanita secara gambaran besar paham akan sebuah desain atau ukuran gram dari sebuah perhiasan. Akan tetapi bagaimana dengan teknik pembuatannya?

Well, seperti dituturkan oleh head designer lini perhiasan ternama Indonesia, Hartadinata, Sigit Purnomo. Untuk perhiasan emas putih dan emas kuning, biasanya ada dua teknik produksi yang diaplikasikan yakni teknik casting dan teknik handmade.

Sigit menuturkan, teknik produksi casting adalah cara membuat sebuah perhiasan dengan menggunakan bantuan mesin, dengan proses tahapan awal penggambaran sketsa dari software khusus.

 

(Foto: Youtube)

"Teknik produksi casting itu pembuatan dengan mesin, jadi pertama gambar dulu kan dari software, lalu prototype nya keluar berupa resin (bukan logam), lalu kita jadikan logam dengan teknik casting itu, resin itu digips nah gips akan mengeras dan di dalamnya ada resin. Resin itu dipanggang di oven akan lumer. Otomatis di dalam akan membentuk misalnya cincin, tinggal kita tuangin cairan logam," jelas Sigit kala ditemui Okezone, di kawasan Senayan.

Untuk teknik pembuatan perhiasan dengan menggunakan teknik casting yang biasanya membutuhkan waktu pembuatan sekitar lima hari, menurut Sigit step finishing adalah tahapan yang paling sulit. Sebab di tahapan inilah perhiasan harus dihaluskan kembali, sekaligus memastikan ukuran berat gram benar-benar harus tepat sesuai skesta awal.

Sedangkan, berbeda dengan teknik casting yang mengandalkan kecanggihan teknologi yakni daya mesin dan juga software khusus. Teknik pembuatan handmade, seperti namanya adalah cara membuat perhiasan dengan cara manual, langsung dikerjakan dengan tangan begitu usai sketsa gambarnya.

Maka dari itu, Sigit menyebutkan pembuatan perhiasan dengan cara handmade ini dari segi waktu memang jauh lebih singkat, karena standarnya hanya memakan waktu tiga hari saja.

"Teknik handmade kan manual, standar idealnya dibuat tiga hari. Tapi teknik casting itu detailnya lebih rapi, detailnya pun lebih bisa keluar dibandingkan pembuatan dengan teknik handmade yang manual. Kalau misalnya kurang simetris atau kurang rapi antara satu sisi dengan sisi lain, harus dibetulkan lagi," imbuhnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini