Cantik seperti Wanita Korea, Maksimalkan Fungsi EGF dalam Tubuh

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 22:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 194 1887905 cantik-seperti-wanita-korea-maksimalkan-fungsi-egf-dalam-tubuh-jKgs3aCNuh.jpg Ilustrasi (Womens)

BELAKANGAN ini tidak sedikit wanita Indonesia yang menginginkan kulit cerah, putih, bersinar seperti wanita Korea. Hingga muncul pula banyak krim perawatan kulit yang tidak semuanya aman bagi kulit wajah.

Padahal, rahasianya hanya terletak pada satu kandungan yang sudah ada dalam tubuh manusia itu sendiri, yaitu EGF singkatan dari Epidermal Growth Factor. EGF sendiri menurut dokter kulit, dr. Inneke Jane Hidayat, adalah faktor utama bagi sel-sel kulit untuk dapat tumbuh secara cepat dan maksimal.

"EGF ditemukan oleh Stanley Cohen hingga dia mendapatkan nobel, karena fungsinya sangat bermanfaat bagi estetika dan penyembuhan luka lebih cepat. EGF bisa ditemukan di ASI, air liur, air dan mata," ucap dr. Inneke dalam pemaparannya di acara Oryl Miin, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Lebih lanjut, dr. Inneke juga menyebutkan peran penting EGF dalam tubuh yang lainnya, seperti mempercepat regenerasi kulit, jika normalnya kulit butuh waktu 28 hari untuk meregenasi, dengan bantuan produk EGF regenerasi kulit menjadi lebih cepat. Selain itu, pertumbuhan pembuluh darah baru disekitar luka juga lebih cepat sehingga luka jadi lebih cepat sembuh dan merangsang pertumbuhan kolagen jadi bisa mencegah dan mengurangi keriput.

"Semakin usia bertambah semakin kadar EGF menurun, tepatnya pada usia 29 tahun ke atas, saat menginjak kepala tiga kulit menjadi lebih kusam. Cara mengatasinya memerlukan EGF dari luar, yang paling aman digunakan adalah produk yang cara penggunaannya dioleskan pada kulit," imbuh dr. Inneke.

Baca Juga: Untuk Pertama Kali, Arab Saudi Gelar Fashion Week

Baca Juga: Kembangkan Potensi Kain Tradisional, 30 Desainer Lokal Meriahkan Palembang Fashion Week 2018

Masih dalam pemaparan dr. Inneke, untuk wanita yang sudah berusia 29 tahun lebih, diharapkan menggunakan produk EGF, sebab kadar EGF dan produksi kolagen dalam tubuh sudah kian menurun. Dengan menggunakan produk EGF, maka pertumbuhan kolagen bisa terangsang dan keriput bisa dicegah atau dikurangi keberadaannya. Tanpa disadari oleh wanita yang kerap melakukan perawatan kulit wajah dengan laser, ternyata EGF ini juga berperan penting dalam perawatan pasca laser.

"Dengan menggunakan EGF dari luar tubuh, maka tubuh bisa memproduksi kolagen berkali-kali lipat, bisa pula menghambat peradangan terkhusus pada kulit yang baru dilaser, karena kulit akan meradang. Nah, setelah diberikan EGF penyembuhan jadi lebih cepat," papar dr. Inneke.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini