Untuk para Istri, Ini 5 Tanda Ibu Mertua Tidak Suka kepada Anda

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 196 1887718 untuk-para-istri-ini-5-tanda-ibu-mertua-tidak-suka-kepada-anda-blgujvViPh.jpg Ilustrasi (Foto: Thelist)

SETELAH menikah harus tinggal bersama ibu mertua di rumah suami? Mungkin ada beberapa perempuan yang memiliki ketakutan ketika harus tinggal bersama ibu mertuanya karena hubungan mereka bisa saja tidak berjalan harmonis.

Tidak semua memang, tapi ada beberapa perempuan yang merasa ibu mertua tidak suka kepada mereka, padahal dia adalah istri dari anaknya. Menjalani rutinitas sehari-hari di rumah seperti mimpi buruk bagi istri yang tidak disukai oleh ibu mertua.

Berikut 5 tanda ibu mertua tidak suka kepada Anda yang dilansir dari laman The List, Selasa (17/4/2018):

Anda merasakan perasaan aneh

Anda pernah merasakan perasaan aneh ketika berada di sekitar orang yang tidak menyukai Anda? Anda mungkin melihat orang tersebut tidak merasa nyaman di sekitar Anda, atau ada sesuatu yang salah, dan menganggap Anda tidak cukup baik.

Hal ini bisa sangat sulit untuk dihadapi jika terjadi di antara keluarga, tetapi itu benar-benar terjadi. Hal ini bisa terjadi pada hubungan antara mantu dan mertua.

"Intuisi adalah alat yang kuat yang setiap orang bawa, gunakan dan rasakan. Apakah Anda merasa ibu mertua tidak menyukai keberadaan Anda? Anda mungkin benar," kata Dr Anjhula Mya Singh Bais.

Berkaca pada mengapa dia mungkin memperlakukan Anda begitu - apakah itu karena cara dia dibesarkan, kepercayaan pribadinya, budaya, atau sesuatu yang lain sepenuhnya dapat membawa kejelasan. "Refleksi ini sering dapat memberikan petunjuk bahwa itu sering tidak benar-benar tentang Anda, tetapi tentang pengkondisian dan pengertian yang sudah ada sebelumnya," papar Bais.

Baca Juga: Sejumlah Paket Wisata Disiapkan Kemenpar Demi Penuhi Target 17 Juta Wisman

Sering membicarakan mantan pasangan Anda

Tidak nyaman mendengarnya, apalagi jika ibu mertua sampai membicarakan betapa keluarga suami begitu mencintai mantan pacar suami. Menurut psikolog Dr Michele Leno, PhD, LP, jika Anda merasa itu terjadi, Anda harus benar-benar mengatasinya dengan suami. Jika kondisi ini membuat Anda tidak nyaman, bicaralah.

Sering mengkritik Anda

Jika merasa ibu mertua sering mengkritik penampilan, ambisi, tradisi keluarga Anda, maka itu bisa menjadi pertanda dia tidak peduli kepada istri anaknya.

"Bicaralah dengan pasangan Anda terlebih dahulu. Terutama, mereka harus mendukung Anda terlebih dahulu, hal ini penting untuk hubungan dengan mertua yang harmonis," tutur Dr Jess O'Reilly, PhD, Astroglide's resident sexologist.

Lebih lanjut, Dr Jess mengatakan, jika pasangan berlaku tidak ingin berada di antara Anda dan ibunya, sesungguhnya mereka tidak berada di tengah. Anda perlu memiliki komitmen bersama suami jika kalian adalah pasangan. Sebagai pasangan, Anda dan suami harus bersatu, tetapi bukan berarti Anda memintanya untuk membenci ibunya. Mintalah kepada pasangan untuk berbicara dari hati ke hati dengan ibunya agar permasalahan selesai dengan damai.

Baca Juga: Kenapa Orang Sulit Kendalikan Kecanduan Ngemil Setiap Hari?

Dia mengabaikanmu

"Jika ibu mertuamu tidak menyukaimu, dia akan menolak keberadaanmu dan mengabaikanmu," ujar April Davis, ahli hubungan dan CEO dari LUMA.

Davis menjelaskan, ketika ibu mertua tidak menyukai Anda, maka dia tidak akan menyertakan Anda dalam diskusi keluarga tentang masa depan. Ketika mengacu pada rumah tangga Anda, dia hanya akan menyebutkan nama anaknya.

"Sulit pasti, tapi mungkin ibu mertua tidak selamanya mengabaikanmu. Lakukan upaya yang lebih untuk membangun hubungan sebelum sepenuhnya menyerah," imbuh Davis.

Dia tidak bertanya tentang Anda atau hidup Anda

Menanyakan kabar adalah cara sederhana untuk memberitahu orang lain bahwa Anda peduli terhadap mereka. Jika ibu mertuamu tidak pernah berusaha seperti itu, mungkin itu pertanda dia tidak menyukaimu.

"Jika dia tidak mau bertanya, maka Anda bisa berbagi cerita tentang apa yang terjadi hari dengan Anda tanpa diminta,. Juga, menerima bahwa ibu mertua mungkin cemburu terhadap hubungan Anda dengan putranya," jelas terapis Kimberly Hershenson.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini