5 Trik Agar Kulkas Tetap Rapi dan Bersih

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 17 298 1887748 5-trik-agar-kulkas-tetap-rapi-dan-bersih-JzwpQS3rMR.jpg Mengatur kulkas (Foto: Shutterstock)

ACARA bersih-bersih rumah, otomatis akan sepaket dengan membersihkan segala perabotan di dalam rumah, salah satunya kulkas.

Akan tetapi tidak dipungkiri, sesi membersihkan dan merapikan kulkas ini tidak semua orang mau melakukannya. Mengingat biasanya sesi membersihkan kulkas, akan memakan waktu cukup lama sebab harus membongkar seluruh isi kulkas, membersihkan hingga bagian terdalam, kemudian menyusun isi kulkas kembali sampai semua rapi.

Step yang banyak inilah yang membuat kebanyakan orang menjadi agak malam untuk membersihkan kulkas. Padahal dengan mengetahui trik yang tepat dalam membersihkan dan merapikan kulkas beserta isinya, masalah ini bisa teratasi. Pada dasarnya, sesi membersihkan kulkas akan menjadi kegiatan yang lebih mudah dan tidak terlalu menyebalkan.

 (Baca Juga: Kisah Penjual Spons Cuci Piring yang Berhasil Mendapat Gelar Sarjana)

Masih bingung seperti apa trik untuk membuat kulkas tetap bersih dan rapi? Melansir Ndtv, Rabu (18/4/2018) berikut 5 trik yang bisa dilakukan agar kulkas tetap bersih dan rapi:

1. Gunakan cling films atau bungkus plastik

Lelah membersihkan noda-noda yang melekat di rak-rak kulkas, seperti noda tumpahan kuah makanan, noda susu tumpah, ataupun saus atau minyak yang tercecer? Maka trik satu ini akan bisa menghemat waktu dan tenaga Anda agar tidak melulu membersihkan kulkas terus menerus. Triknya ialah dengan menutupi bagian rak dengan cling films atau bungkusan plastik alias plastic wraps. Dengan ini, jika suatu saat rak tertumpah sesuatu cairan, tinggal kupas cling films atau plastic wraps tersebut, dan tinggal dibuang ke tempat sampah.

 

(Foto: Shutterstock)

2. Buat kotak prioritas

Suka lupa telah membeli dan menyimpan sesuatu di kulkas? Maka membuat kotak prioritas bertuliskan "Eat Me First" sejatinya adalah trik yang wajib dilakukan. Metode ini sedikit banyak bisa mengurangi Anda menumpuk-numpuk bahan makanan atau makanan sisa, yang mana pada akhirnya jika lupa untuk dikonsumsi hanya akan membusuk dan akhirnya harus segera dibuang karena tidak lagi layak dimakan.

  (Baca Juga: Pengakuan Dua Simpanan "Sugar Daddy", Blak-blakan Bocorkan Kehidupan Pribadi)

3. Pakai label

Tahukah bahwa dengan memberikan label atau keterangan pada isian kulkas, dapat menyelesaikan masalah peletakan barang-barang di kulkas? Beri label pada semua isi kulkas, tempatkan produk sesuai label yang ada, dengan ini maka kulkas tidak akan berantakan ataupun acak-acakan karena semua produk tertata rapi sesuai labelnya.

4. Pemisah rak

Alat seperti pemisah rak alias drawer dividers akan membuat kita mau tidak mau menggunakan ruang terbatas yang ada di kulkas dengan lebih efektif dan efisien. Pisahkan rak isian berisi sayur-sayur, buah- buahan, dan aneka minuman antara satu sama lain agar tidak menjadi bingung ketika mencari produk-produk ini di kulkas. Selain lebih tertata rapi, hal ini juga membuat resiko pembusukan isian kulkas hingga mengeluarkan aroma tidak sedap bisa dihindari, karena tidak aneka produk tidak dicampur bersama satu sama lain.

5. Manfaatkan kotak penyimpanan

Agar kulkas bersih sekaligus isinya tertata rapi, sangat penting adanya untuk menggunakan ruang terbatas di kulkas dengan maksimal dan seefisien mungkin. Salah satunya dengan pemanfaatkan storage box atau kotak penyimpan. Kita bisa gunakn kotak ini untuk menyimpan sayur-sayuran, bisa juga buah, atau yang lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini