Image

Traveling ke Zurich di Swiss, Kota Paling Mahal di Eropa

Dada Sathilla, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 09:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 17 406 1887513 traveling-ke-zurich-di-swiss-kota-paling-mahal-di-eropa-hGnO0TV9wE.jpg Kota Zurich (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

BANYAK orang yang sengaja traveling ke Swiss demi melihat pemandangan alamnya yang spektakuler.

Mulai dari pegunungan Alpen yang bersalju sampai lembah serta pedesaannya yang sangat hijau dan cantik. Tapi daya tarik Swiss tak cuma pada alamnya karena kota-kotanya pun sama menariknya. Salah satunya adalah Zurich yang terkenal sebagai pusat finansial dunia serta kota termahal di Eropa.

Perjalanan saya ke Zurich diawali dengan naik bus dari kota Strasbourg di Prancis. Selama perjalanan menuju Zurich, flix bus yang saya naiki melewati beberapa kota lainnya seperti Mullhouse, Prancis dan Basel, Swiss.

Perjalanan yang memakan waktu 4 jam berjalan sangat lancar. Hanya saja saat berada di perbatasan Prancis - Swiss berlangsung pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas perbatasan Swiss.

Setiap penumpang diperiksa paspornya dan ditanyakan alasan mengunjungi Swiss oleh petugas yang naik ke dalam bus. Apakah untuk liburan atau perjalanan bisnis.

Tak cuma paspor, petugas perbatasan juga memeriksa koper dan tas yang disimpan di dalam bagasi bus. Karena saya hanya bawa baju saja, tentu koper saya lolos dari pemeriksaan. Tapi sepasang penumpang dari Tiongkok diminta datang ke kantor petugas untuk diinterogasi seputar barang bawaannya.

(Baca Juga: 5 Transgender Paling Cantik Ini Bikin Wanita Tulen Minder)

Jam 12 siang akhirnya tibalah saya di Zurich, tepatnya di Zurich Hauptbahnhof atau stasiun utama Zurich. Saat berjalan menuju bagian utama stasiun turunlah salju pertama di Zurich pada musim dingin kali ini.

Udaranya sendiri mulai mendingin, mencapai 2 derajat celsius. Sebagai kota terbesar di Swiss, Zurich sering disangka sebagai ibukota Swiss, meskipun ibukota sebenarnya Bern.

Agar bisa jalan-jalan di Zurich dengan leluasa, saya putuskan membeli tiket harian yang berlaku untuk segala jenis transportasi di Zurich, mulai dari bus, tram, dan kereta.

Sesuai dengan imejnya sebagi kota termahal di Eropa, harga tiket harian Zurich pun lebih mahal dibanding tiket harian di kota - kota lainnya. Yaitu 12 CHF atau sekira Rp. 172.000,00.

(Baca Juga: 3 Seleb Indonesia yang Menikah dengan Cinta Pertama, Ini Foto Lawasnya)