nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pariwisata Jakarta Diharapkan Bisa Tarik Wisatawan Mancanegara seperti Bali

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 12:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 406 1887650 pariwisata-jakarta-diharapkan-bisa-tarik-wisatawan-mancanegara-seperti-bali-7g2aSKQpNo.jpg Pariwisata Jakarta diharapkan bisa tarik wisatawan mancanegara seperti Bali (Foto: Okezone)

SETIAP orang tentu tahu Jakarta adalah kota pusat pemerintahan dan perniagaan. Maka, tidaklah heran jika kehadiran Jakarta yang selalu padat dengan kesibukan rutinitas jarang dijadikan destinasi liburan bagi wisatawan.

Padahal, di Ibu Kota Indonesia ini, para wisatawan khususnya wisatawan mancanegara dapat menjelajahi sisi lain Jakarta sebagai kota yang penuh saat hari kerja. Ada beragam museum, tempat-tempat bersejarah, hingga daerah pesisirnya yang cukup memukau, dan tentu dapat dijelajahi lebih dalam.

Kota Jakarta yang terkenal dengan kemacetannya tersebut telah menarik perhatian dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), hingga memperoleh 2,6 juta kunjungan wisman pada 2017 lalu. Hal ini serupa dengan yang dikatakan oleh Haryadi BS Sukamdani, Ketua Tim Pelaksana Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018, dalam pemaparannya pada acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018, di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

"Jakarta telah memperoleh 2,6 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2017 dan diharapkan bisa meningkat menjadi 4,5 juta seperti Bali," ucapnya.

Baca Juga: Sejumlah Paket Wisata Disiapkan Kemenpar Demi Penuhi Target 17 Juta Wisman

Lebih lanjut, menurut Hariyadi, untuk mendapatkan angka dan memenuhi target tersebut, maka pemerintah memerlukan strategi yang tepat. Salah satunya cara dengan membuat paket wisata Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 dan memasukkan Jakarta dalam paket wisata tersebut.

"Perolehan hot deals saja tidak akan efektif, tanpa produk yang berkualitas juga akan sulit mencapai target, maka harus dijalankan bersama dengan semua stakeholder secara terintegrasi. Dalam paket ViWI Jakarta masuk daftar cluster bersama Kepri (Kepulauan Riau), Bali, dan 18 dest target ViWI lainnya," imbuh Hariyadi.

Baca Juga: Kenapa Orang Sulit Kendalikan Kecanduan Ngemil Setiap Hari?

Masih dalam pemaparannya, Hariyadi menyebutkan pemerintah harus bersama-sama merumuskan apa yang bisa dilakukan. Pasalnya, potensi hotel saat akhir pekan di Jakarta saja perolehan kunjungannya masih terbilang sedikit dan perolehan kursi pesawat juga masih kurang.

"Untuk itu, kita bersama-sama di sini untuk mempromosikan Jakarta agar dikunjungi oleh wisatawan mancanegara tidak hanya pada akhir pekan saja, tapi juga hari lainnya dan mereka pun bisa mengeksplor ke daerah lain," sambung Hariyadi.

Ada 39 paket ViWI yang sudah bisa dipesan langsung dalam laman Indonesia.tavel, dari total 250 paket wisata dan 18 destinasi yang disiapkan. Hariyadi menjelaskan pemerintah berharap kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diadakan hari ini bisa menjadi salah satu cara untuk meraih target-target tersebut.

"Tidak hanya itu saja, Rakernas juga diharapkan bisa menjawab pandangan skeptis dan pesimis masyarakat, khususnya pengamat pariwisata yang mencari cacat yang dilakukan pemerintah. Pasalnya, semua pandangan itu tidak tepat, karena hal ini tidak semata-mata hanya program pemerintah saja, tapi diharapkan bisa menyejahterakan rakyat," ucap Hariyadi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini