Image

6.000 Wisatawan Asing Penumpang Cruise Diboyong ke TMII Jakarta

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 13:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 17 406 1887682 6-000-wisatawan-asing-penumpang-cruise-diboyong-ke-tmii-jakarta-V2ydoNQ7re.jpg Taman Mini Indonesia Indah (Foto: Anekatempatwisata)

KOTA Jakarta sering dijadikan lokasi persinggahan wisatawan mancanegara yang berkunjung dengan kapal pesiar. Mereka diajak mengunjungi objek wisata menarik di ibu kota, seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

TMII salah satu ikonik objek wisata di Jakarta yang legendaris. Banyak wisatawan ingin berkunjung, karena lokasi ini mengenalkan gambaran budaya dari Sabang sampai Merauke yang menarik.

 BACA JUGA:

Pariwisata Jakarta Diharapkan Bisa Tarik Wisatawan Mancanegara seperti Bali

Objek wisata di timur Kota Jakarta itu punya replika rumah adat tradisional dari seluruh Tanah Air, dari Aceh hingga Papua. Ada juga sisi historis seni, budaya dan tradisi dari setiap provinsi di Indonesia, yang bisa dinikmati wisatawan.

Tak sekedar itu, di taman rekreasi kebanggaan warga ibu kota itu punya tempat untuk mengenalkan beragam jenis flora dan fauna, seperti taman anggrek, herba, taman bunga dan taman burung, hingga museum unik.

Karena daya tarik itu, maka Kementerian Pariwisata berani mengajak wisatawan mancanegara yang singgah di ibu kota. Saat kapal pesiar itu bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sekira 6.000 penumpang Singapura Genting Dream (Dream Cruises) diajak ke TMII.

 

(Foto: Tripzilla)

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata Indroyono Soesilo mengatakan, TMII sangat cocok dikenalkan kepada wisatawan mancanegara. Karena lokasi tersebut menggambarkan miniatur kekayaan Nusantara.

“TMII ideal menjadi destinasi budaya wisatawan mancanegara yang menggunakan kapala pesiar. Ada 6.000 orang datang ke sana,” kata Indroyono Soesilo lewat siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (17/4/2018).

Dengan berkunjung ke TMII, diharapkan para wisatawan asing mendapatkan bekal cerita tentang Indonesia saat kembali ke negaranya. Kemudian, mereka mengenalkan kepada orang terdekatnya dari mulut ke mulut.

Ketua Tim Percepatan Wisata Sejarah, Religi, Tradisi, dan Seni Budaya Kemenpar Tetty Arianto menambahkan, TMII salah satu destinasi wisata budaya terlengkap di Indonesia. Istimewa, tiga tahun mendatang objek wisata ini akan am dijadikan sebagai cagar budaya Indonesia.

“Fokus kita saat ini adalah mempromosikan dan menjual paket TMII agar banyak dikunjungi wisman,” tambah Tetty.

Operator travel dari berbagai negara akan diajak kerja sama untuk membesarkan objek wisata TMII di kancah dunia. Mereka akan membuat paket kunjungan ke TMII, dengan kemasan menarik

Selain menggaet wisatawan yang menumpang kapal pesiar, pemerintah tengah berupaya menjadikan TMII sebagai lokasi kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event), tepatnya saat memilih Kota Jakarta.

  (Baca Juga: Pernah Ditinggal Nikah, Para Artis Ini Buka Hati Kembali untuk Mantan)

Objek wisata ini lokasinya cukup luas dan bisa menampung banyak peserta MICE yang menghabiskan waktu di Jakarta. Karena selama ini, wisatawan yang berkunjung karena kerja, hanya mengenal Jakarta Convention Center (JCC) dan Nusa Dua Convention Center Bali untuk melaksanakan kegiatan meeting besar ini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini