nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia 7 Cara Aman Atasi Sakit Kepala Kronis

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 10:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 481 1887601 ini-dia-7-cara-aman-atasi-sakit-kepala-kronis-9825hEUjhB.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

BILA Anda mendadak mengalami sakit kepala kronis rasanya sangat tidak nyaman. Pasti masalah ini harus segera diobati agar tidak jadi gejala serius.

Sakit kepala kronis biasanya melanda di saat Anda merasa cemas atau stres. Kondisi itu tak dapat dihindari, sehingga Anda harus waspada.

Ada banyak cara mengatasi sakit kepala kronis, namun jarang sekali orang melakukannya. Anda justru mengandalkan obat-obatan penghilang nyeri dan sakit kepala.

Di bawah ini ada 7 cara yang bisa diterapkan. Simak ulasan berikut ini, dilansir Health, Selasa (17/4/2018).

 (Baca Juga: Inilah 6 Tokoh Paling Misterius Sepanjang Sejarah Manusia)

Akupunktur

Teknik akupunktur dapat melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Termasuk di bagian otak yang bisa membangkitkan aliran energi positif. Anda bisa melakukan akupunktur untuk pencegahan sakit kepala kronis, daripada harus menderitanya yang jelas membuat Anda tak nyaman.

Pijat

Terapi pijat sementara dikenal orang untuk mengatasi sakit kepala yang paling ampuh. Coba pijat bagian leher, punggung, kepala, atau bahu. Dalam penelitian kecil disebutkan, penderita migrain rutin melakukan terapi pijat, tidurnya jadi lebih nyenyak dan bebas sakit kepala.

Peregangan

Sakit kepala biasa disebabkan karena ketegangan otot yang menyakitkan. Maka Anda harus rajin-rajin melakukan peregangan supaya tetap nyaman. Lakukan peregangan sebanyak dua kali sehari, selama 20 menit per sesi. Sempatkan waktu senggang Anda untuk melakukan latihan peregangan, agar kepala lebih terasa rileks.

Latihan aerobik

Olahraga seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang dapat mengurangi sakit kepala kronis. Menurut National Pain Foundation dalam penelitian kecilnya menyebutkan, pasien sakit kepala yang melakukan olahraga aerobik secara rutin, setidaknya 12 minggu dapat menghindari risiko buruk yang terjadi akibat migrain.

  (Baca Juga: Pernah Ditinggal Nikah, Para Artis Ini Buka Hati Kembali untuk Mantan)

Kompres

Mengompres kepala saat terasa sakit adalah cara yang paling tepat. Anda bisa menggunakan kain hangat atau dingin, lalu tempelkan di bagian leher dan kepala. Cara ini dapat membantu melancarkan aliran darah, sehingga mampu mengatasi sakit kepala yang tak kunjung selesai.

Hindari makanan ber-MSG

Kalau terlalu banyak makanan dengan bumbu MSG, Anda dikhawatirkan menjadi sakit kepala mendadak. Hal itu karena pengaruh senyawa dari MSG yang membuat Anda kecanduan. Tapi konsumsi makanan ini sebaiknya dikontrol, supaya Anda terbebas dari rasa sakit kepala yang mengganggu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini