Image

Kenapa Orang Sulit Kendalikan Kecanduan Ngemil Setiap Hari?

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 11:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 481 1887616 kenapa-orang-sulit-kendalikan-kecanduan-ngemil-setiap-hari-2x6tCERl1r.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENGISI waktu senggang enaknya menghabiskan camilan favorit yang menggiurkan. Tapi sekali mengambil kue kesukaan Anda bisa-bisa keterusan.

Makanya Anda harus mengontrol lebih cerdas supaya tidak cepat ketagihan saat mencicipi satu makanan. Anda harus mencari trik supaya tetap mudah mengendalikan kecanduan makan.

Percaya atau tidak, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell Food and Brand Lab menyebutkan, bila seseorang menghabiskan waktu di dapur yang berantakan dan kacau, dapat menyebabkan kita menggandakan jumlah kalori yang kita konsumsi tanpa disadari. Penelitian ini dipublikasikan di Jurnal Environment and Behavior.

 (Baca Juga: Pengakuan Dua Simpanan "Sugar Daddy", Blak-blakan Bocorkan Kehidupan Pribadi)

Para peneliti mulai dengan membagi 98 peserta perempuan menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk mencatat porsi makan mereka yang dikendalikan. Sementara kelompok lain menulis kebiasaan di luar kendali, termasuk doyan ngemil.

Uniknya, peserta juga dihadapkan dengan kondisi dapur berantakan dan kotor. Karena dipenuhi koran, piring kotor, dan bunyi telefon berdering, sehingga suasananya jadi berisik. Lalu, kelompok lainnya menunggu di dapur yang bersih dan tenang. Mangkuk kue, biskuit, dan wortel juga tersedia di kedua momen. Cara ini ternyata dikaitkan dengan deteksi stres.

Hanya dalam 10 menit, para peserta yang mencatat waktu ketika mereka merasa tidak terkendali, yang menghabiskan makanan sebesar 53 kalori. Mereka yang berada di dapur kotor mudah sekali stres. Mereka menghabiskan lebih banyak kue yang tersedia di dapur dengan suasana tidak nyaman.

"Berada di lingkungan yang kacau dan merasa di luar kendali, membuat orang kecanduan ngemil," ujar Kepala Peneliti Lenny Vartanian, PhD, dilansir Health, Selasa (17/4/2018).

  (Baca Juga: Inilah 6 Tokoh Paling Misterius Sepanjang Sejarah Manusia)

(Foto: Popsugar)

Ia menambahkan, seseorang pada dasarnya sulit mengendalikan kebiasaan ngemil dalam situasi apapun. Apalagi kalau mereka dihadapkan dengan camilan enak, seperti keripik, kue manis, roti, cake lembut dan sebagainya.

Malah mereka sengaja menyediakan stok camilan sebagai amunisi, yang bisa menenangkan dirinya saat sibuk dengan pekerjaannya. Hal ini sering dialami oleh pekerja kantoran, ibu rumah tangga, remaja sekolah dan kalangan lain.

Dalam studi tersebut, kelompok yang rentan stres mencatat lebih dari 100 kalori porsi camilan yang mereka makan. Mereka merasa sangat stres karena suasana berisik dan kondisi ruangan berantakan.

Padahal stres dapat dikendalikan dengan meditasi. Anda tidak disarankan untuk terbiasa ngemil atau makan besar, yang membuat Anda puas.

Saran lainnya, cara terbaik untuk menghindari kecanduan makan akibat stres, Anda bisa membersihkan dapur, dengan mencuci piring misalnya. Kalau di kantor, jangan ciptakan suasana gaduh yang membuat orang di sekitar Anda terganggu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini