nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IDI Adakan Reuni Pemenang Penghargaan Dokter Kecil, Ini Peran Generasi Muda

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 18:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 481 1887772 idi-adakan-reuni-pemenang-penghargaan-dokter-kecil-ini-peran-generasi-muda-Pi2PhgiBPK.jpg Ilustrasi (Foto: Kidscenter)

PENGURUS Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengadakan reuni pemenang Dokter Kecil Award di Camp Huu Cai, Ciawi, Bogor, Jawa Barat untuk merayakan satu dekade atau 10 tahun penghargaan tersebut.

"Akan ada 21 peserta yang hadir dari berbagai usia dari Aceh hingga Mataram mulai dari alumni 2008 hingga yang termuda adalah alumni 2016," kata Ketua Pengarah Satu Dekade Dokter Kecil Award dr Ulul Albab dalam jumpa pers, di Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Ulul mengatakan alumni 2008 saat ini sudah duduk di bangku kuliah semester IV, sedangkan alumni 2016 yang paling muda masih duduk di bangku kelas VI sekolah dasar.

 (Baca Juga: Pariwisata Jakarta Diharapkan Bisa Tarik Wisatawan Mancanegara seperti Bali)

"Biasanya setiap tahun hanya anak-anak sekolah dasar. Kali ini akan diramu sekaligus nostalgia alumni dari berbagai usia," ujarnya pula.

Menurutnya, perayaan Satu Dekade Dokter Kecil Award mengusung tema "Baktiku Bagi Anak Indonesia-Berkarya Nyata, Sehatkan Bangsa".

Reuni akan diadakan di Camp Huu Cai, Ciawi, Bogor pada Selasa hingga Kamis (20/4) dengan materi tentang kesehatan yang diisi PB IDI, pelatihan media sosial, penulisan artikel kesehatan dan kepemimpinan.

  (Baca Juga: Sejumlah Paket Wisata Disiapkan Kemenpar Demi Penuhi Target 17 Juta Wisman)

"Selama 10 tahun, program ini konsisten menginspirasi dokter kecil Indonesia untuk terus berbuat bagi bangsa dan negara melalui perannya sebagai dokter kecil di sekolah," katanya lagi.

Ketua Umum PB IDI Prof dr Ilham Oetama Marsis mengatakan dokter kecil merupakan sarana membentuk kader-kader kesehatan sejak dini.

"Mereka berkontribusi memberikan contoh kepada lingkungan sekitarnya," ujarnya.

  (Baca Juga: Pengakuan Dua Simpanan "Sugar Daddy", Blak-blakan Bocorkan Kehidupan Pribadi)

Marsis mengatakan sejumlah alumni dokter kecil saat ini berhasil berkuliah di fakultas kedokteran di sejumlah universitas. Bagi yang tidak melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran, Marsis mengatakan masih ada bidang lainnya.

"Ada bidang teknologi kesehatan atau industri kesehatan. Semua bidang penting untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," katanya pula.

Berpesan menumbuhkan pemahaman dan kesadaran hidup sehat

Ilham Oetama berharap dokter kecil di sekolah menumbuhkan pemahaman dan kesadaran pola hidup sehat bagi anak-anak usia sekolah dasar.

"Anak-anak perlu model yang dekat dengan mereka, yaitu teman sebaya. Program Dokter Kecil Award untuk menggairahkan program dokter kecil di sekolah melalui usaha kesehatan sekolah," kata Marsis dalam jumpa pers Satu Dekade Dokter Kecil Award di Jakarta, Selasa.

Marsis berharap program Dokter Kecil Award yang dimulai 2008 dapat terus konsisten hadir setiap tahun dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta.

"Tujuan kampanye kesehatan yang dicita-citakan mampu terlaksana dengan baik dan tepat sasaran," tuturnya.

Menurut Marsis, dokter kecil merupakan sarana membentuk kader-kader kesehatan sejak dini dengan memberikan contoh pada lingkungan sekitarnya.

Sejumlah alumnus dokter kecil saat ini berhasil berkuliah di fakultas kedokteran di sejumlah universitas. Bagi yang tidak melanjutkan pendidikan di bidang kedokteran, Marsis mengatakan bahwa masih ada bidang lainnya.

"Ada bidang teknologi kesehatan atau industri kesehatan. Semua bidang penting untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045," tandasnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini