Baju Berusia Lebih dari Seribu Tahun Dihargai Nyaris Rp10 M, Seperti Ini Wujudnya

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 194 1887990 baju-berusia-lebih-dari-seribu-tahun-dihargai-nyaris-rp10-m-seperti-ini-wujudnya-Xkyg9wRn6v.jpg

MUNGKIN Anda akan bertanya-tanya, pakaian seperti apa yang memiliki harga sampai USD700 ribu atau sekira Rp 9,6 miliar?

Sebagai informasi awal, pada 25 April nanti akan diselenggarakan lelang pakaian di London. Di sana akan dipamerkan pakaian Sotheby. Sebuah pakaian berbahan sutera dengan warna emas.

Seperti dilansir dari Nytimes, Rabu (18/4/2018) pertanyaan mengapa pakaian itu bernilai miliaran rupiah pun terjawab. Ya, satu hal yang membuat pakaian itu bernilai tinggi adalah karena usianya sudah berumur 1000 tahun.

Dijelaskan pula bahwa alasan kedua yang membuat harga pakaian itu mencapai angka fantastis lantaran pakaian tersebut merupakan warisan dari kekaisaran yang hilang. Dan ketiga, karena ini adalah bukti tentang cara berpakaian telah ada jauh sebelum generasi milenial eksis.

"Sebuah pakaian dengan cutting seperti ini dan dalam kondisi seperti ini terbilang sangat langka," kata Benedict Carter, kepala penjualan lelang untuk departemen Sotheby's di Timur Tengah.

Baju itu bermotif bebek yang mengenakan syal dan memegang kalung mutiara di paruhnya, terbungkus dalam motif segi delapan yang menampilkan hati, di antara bentuk-bentuk lainnya. Pola-pola ini mengungkapkan asal muasal pakaian tersebut.

Konon diprediksi baju itu adalah miliki seorang petarung atau punggawa Kekaisaran Sogdiana. Kerajaan yang berpusat di Uzbekistan dan Tajikistan yang telah ada lebih dari dari 1.000 tahun yang lalu, dan runtuh pada abad ke-10.

(Baca Juga: Jatuh di Catwalk, Model Usia 4 Tahun Malah Jadi Terkenal, Bikin Gemaaas!)

Menurut Alexandra Roy, perwakilan dari Sotheby Timur Tengah, keistimewaan dari baju ini adalah warnanya. "Meskipun kami telah menangani beberapa pakaian di masa lalu dengan warna yang lebih gelap, terutama yang didominasi warna merah dan biru, saya belum pernah melihat contoh warna emas seperti ini sebelumnya. Ini memiliki kemilau yang sangat cerah, hampir tampak seolah itu bisa warna yang nyata " katanya.

(Baca Juga: Inilah 6 Tokoh Paling Misterius Sepanjang Sejarah Manusia)

Dari segi bahan, bagi orang Sogdiana, sutera sama berharganya seperti emas, dan jauh lebih portabel. Kemeja sutra samite dengan kualitas dan warna tinggi seperti itu akan mengirim pesan yang kuat tentang kekayaan dan kekuasaan, terutama ketika dikenakan dengan celana sutra, sepatu bot dan hiasan kepala yang sama berharganya bagi orang kerajaan.

(Baca Juga: Pernah Ditinggal Nikah, Para Artis Ini Buka Hati Kembali untuk Mantan)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini