nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekstrak Moringa Kaya Antioksidan yang Bikin Wajah Perempuan Cantik Alami

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 13:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 194 1888168 ekstrak-moringa-kaya-antioksidan-yang-bikin-wajah-perempuan-cantik-alami-uA3duverD1.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

EKSTRAK moringa atau kelor sangat jarang dipakai untuk merawat kulit oleh kaum hawa. Padahal daun tersebut bisa membuat perempuan lebih cantik karena tinggi antioksidan.

Moringa selama ini sering dikenal dapat memperlancar produksi ASI untuk kalangan ibu menyusui. Daunnya diolah menjadi sayur bening atau sarinya diminum dalam bentuk jamu.

Tapi di dunia kecantikan, ternyata moringa sangat bermanfaat. Ahli Teknologi Pangan Indonesia Profesor Winarno meneliti khasiat tanaman itu dari kandungan nutrisinya.

Dia menyebutkan bahwa ekstrak biji moringa mengandung lebih dari 30 jenis antioksidan. Tak heran jika menerapkan ekstrak tanaman itu sebagai kosmetik, bisa membantu meremajakan kulit.

Apalagi bagi setiap perempuan semakin bertambahnya usia, penuaan kulit akan terjadi. Hal itu karena habisnya produksi kolagen dan hormon estrogen dalam tubuh. Maka sejak muda, perempuan dituntut untuk merawat dan meremajakan kulit agar lebih sehat.

(Baca Juga: 5 Manusia dengan Ukuran Anggota Tubuh Langka, Salah Satunya Jari Terbesar di Dunia)

Dalam studinya lebih lanjut, Profesor Winarno mengatakan, kandungan antioksidan dari daun moringa membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Perempuan juga dapat mencegah penuaan kulit, seiring bertambah usia.

"Ekstrak biji moringa mengandung unsur vitamin C tinggi yang baik untuk meningkatkan kolagen. Perempuan akan terbebas penuaan diri, yang ditandai dengan kerutan halus, garis-garis, dan keriput pada kulit," ujarnya lewat informasi yang diterima Okezone, Selasa 18 April 2018.

Senada dengan Profesor Winarno, perwakilan Mustika Ratu Chaerun Nisa Putri mengatakan, esktrak biji dapat mempercantik kulit perempuan. Tanaman ini cocok diterapkan untuk produk kosmetik, seperti peralatan make up.

(Baca Juga: 6 Tokoh Paling Misterius Sepanjang Sejarah Manusia)

Make up biasanya dipakai berjam-jam oleh perempuan setiap harinya. Kalau bahannya tidak aman jelas menurunkan kesehatan kulit. Pasti semua perempuan tidak ingin mendapatkan efek buruk dari penggunaan produk kosmetik. Kalau wajah tak dipoles make up, perempuan banyak yang tidak percaya diri saat keluar rumah.

Sementara itu, selama beberapa abad, tanaman moringa dibudidayakan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk Pulau Jawa, Sumatera, hingga Pulau Nusa Tenggara. Banyak orang membuktikan bahwa moringa salah satu jenis tanaman ajaib yang punya banyak fungsi bagi kesehatan dan menjaga kecantikan kaum hawa.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini