Image

Lebih Dekat dengan Pramoedya Ananta Toer Lewat Pameran Catatan Kehidupannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 01:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 18 196 1887989 lebih-dekat-dengan-pramoedya-ananta-toer-lewat-pameran-catatan-kehidupannya-a7NvlOey4z.jpg

"Dokumenter terbaik yang dimiliki Indonesia adalah Pramoedya Ananta Toer," kata Happy Salma pada acara pembukaan Pameran Namaku Pram: Catatan dan Arsip di Galeri Indonesia Kaya Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Penulis yang namanya tak hanya harum di Indonesia itu seperti idola bagi banyak orang. Terlebih mereka yang mau mengenali sejarah dan jati diri bangsanya. Sosok Pram juga dianggap sebagai sejarawan yang mampu menggambarkan Indonesia kepada dunia dengan cukup apik.

Banyak masyarakat yang sekadar tahu Pram melalui karya tulisannya. Jika ada buku atau sepenggal kisah yang bertuliskan Pramoedya Ananta Toer, dipastikan karya tersebut bernilai sejarah. Sebab, Pram diketahui sebagai sosok penulis yang sangat mencintai sejarah dan mau menggambarkan sejarah kepada banyak orang dengan caranya sendiri.

Nah, bagi Anda yang juga tertarik dengan kehidupan Pram, pameran bertajuk Namaku Pram: Catatan dan Arsip yang digelar di Dia.Lo.Gue Jakarta ini bisa menjadi referensi baru mengenal lebih dekat dengan sosok Pram.

"Di pameran ini, saya ingin mencurahkan rasa dan ungkapan terima kasih atas penciptaan karya-karya Pram yang sungguh bermakna, khususnya untuk kehidupan saya. Pram adalah guru saya," sambung Happy Salma.

Ya, Happy Salma memegang andil yang cukup penting di pameran ini. Pasalnya, lewat Penggawang Titimangsa Foundation yang merupakan buah pikirnya itu, pameran Namaku Pram bisa terealisasi.

"Ini juga bagian dari nazar saya. Jadi, saya pernah berucap kalau saja pagelaran 'Bunga Penutup Abad' sukses, maka saya ingin mengadakan pameran khusus tentang Pram dan inilah hasilnya," tambah Happy.

(Baca Juga: Inilah 6 Tokoh Paling Misterius Sepanjang Sejarah Manusia)

Perlu Anda ketahui, pameran ini tidak hanya menyuguhkan penggalan-penggalan catatan kecil Pram yang tak diketahui masyarakat sebelumnya, di sini juga ada sedikit penggambaran Pram di kehidupan kesehariannya.

Ya, di pameran ini Anda akan disuguhkan sedikit hal pesonal dari Pram, sedikit memperlihatkan bagaimana sosok Pram yang terkenal tegas dalam mencipta karya ternyata seseorang yang melankolis, dan pameran ini juga visualisasi sosok Pram yang merupakan pencatat yang cukup apik dan detail.

"Sosok Pram yang saya kenal adalah penulis besar. Namun, setelah diketahui lebih dalam, ternyata Pram adalah pencipta tulisan yang sangat orisinal di mana banyak tema tulisannya menggambarkan makna kehidupan seorang manusia. Kebiasaan Pram pun saya ketahui dari keluarga beliau dan dari cerita-cerita itu saya tahu bahwa Pram adalah manusia dengan kisah hidupnya sendiri. Hal ini yang membuat saya sangat terharu," ungkap Pemilik Galeri Dia.Lo.Gue Engel Tanzil.

(Baca Juga: Pernah Ditinggal Nikah, Para Artis Ini Buka Hati Kembali untuk Mantan)

So, Anda yang tertarik mengetahui kisah hidup Pram dan rahasia yang belum terungkap sebelumnya, pameran ini bisa jadi referensi liburan minggu ini!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini