Jangan Katakan Hal Ini kepada Wanita yang Ikut Program Bayi Tabung

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 196 1888425 jangan-katakan-hal-ini-kepada-wanita-yang-ikut-program-bayi-tabung-z97fn2uTbh.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

IN Virto Fertilization (IVF) atau yang akrab dengan sebutan bayi tabung adalah pemakaian laboratorium untuk menyatukan sperma dan sel telur dalam tabung yang kemudian diletakkan kembali ke dalam rahim untuk berkembang.

Cara ini menjadi pilihan orangtua yang sulit memiliki anak. Tapi ada pula memang pasangan yang menjalani proses bayi tabung agar lebih cepat punya anak. Ada banyak alasan wanita memutuskan memilih jalan bayi tabung. Ada yang memang sudah melewati banyak cara, baik fisik dan secara rohani berusaha untuk punya anK tetapi belum diberikan. Tetapi penting yang perlu diingat, jangan pernah katakan 8 hal ini kepada wanita yang mengikuti program bayi tabung, seperti dilansir Popsugar, Rabu (18/4/2018).

"Ini akan berhasil"

Anda tidak tahu bahwa ada banyak kemungkinan yang akan terjadi. Jika sudah mencoba IVF, tapi belum berhasil, itu akan mengecewakannya. IVF belum tentu pasti bekerja dengan baik pada diri seseorang karena semua orang situasinya berbeda.

 (Baca Juga: 5 Aspek pada Diri Anak yang Perlu Dikembangkan Demi Masa Depannya)

"Aku hamil tidak sengaja"

Ini sakit bagi orang yang menjalani bayi tabung, yang mana mereka sudah berusaha dan sangat ingin hamil dan melakukan segala cara, tapi ada orang yang menyepelekan.

"Apakah ini pasti akan jadi?"

Ungkapan ini sama sekali tidak menghormati mereka yang sedang berjuang.

"Aku mendengar IVF akan berefek kanker"

Meski pun ini ada kisah nyata, tapi Anda terlalu tega.

"Kalau aku IVF, aku akan hamil?"

Pertanyaan ini terlalu menyepelekan dan membuat orang sakit hati.

"Bagaimana kalau gagal?"

Ungkapan ini sangat tidak menghargai orang yang sedang berusaha. Berhasil atau tidak, tapi kalimat itu membuat down.

  (Baca Juga: Restu Orangtua Jadi Salah Satu Faktor Terjadinya Pernikahan Anak)

"Aku tidak bisa membayangkan apa yang kamu alami"

Ini sangat menjengkelkan. Suntikan IVF membuat suasana hati berantakan dan calon ibu menangis. Ketahuilah calon ibu butuh support bukan ditakut-takuti. Mereka sedang menunggu hasil tes dan masih cemas karena takut gagal.

"Selamat"

Sejujurnya ini tidak menenangkan. Sebab IVF belum tentu berhasil, tapi orang sudah mengucapkan selamat. Ketika orang mengucapkan itu, calon ibu sangat ketakutan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini