Penghangat Badan Kala Traveling ke Eropa Saat Musim Dingin

Dada Sathilla, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 298 1888534 penghangat-badan-kala-traveling-ke-eropa-saat-musim-dingin-1DCSSIo0ZG.jpg Musim Dingin di Eropa (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

TRAVELING ke Eropa saat musim dingin lebih menantang karena cuaca dan udara jauh lebih ekstrem dibanding di Indonesia.

Perlu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang berguna menghangatkan badan. Salah satu pilihannya adalah anggur panas atau mulled wine yang bisa ditemukan di berbagai penjuru Eropa saat musim dingin.

Anggur panas merupakan minuman khas Eropa yang biasa diminum saat musim dingin. Memiliki banyak nama, anggur panas biasa disebut mulled wine di Inggris, Gluhwein di Jerman, Swiss dan Austria, Vin Brule di Italia, serta Vin Chaud di Prancis. Saat musim dingin, anggur panas bisa ditemukan di berbagai christmas market, bar, juga dibuat sendiri.

Rasanya sangat khas wine yaitu manis bercampur pahit dengan aroma tajam nan wangi yang berasal dari rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Anggur panas juga bisa memabukkan terutama bila dicampur dengan alkohol.

(Baca Juga: Inilah 6 Tokoh Paling Misterius Sepanjang Sejarah Manusia)

Selain dinikmati kapanpun saat musim dingin, anggur panas juga menjadi minuman penghangat tubuh favorit di Eropa setelah bermain ski di area pengunungan bersalju Alpen di Swiss dan Austria. Tak cuma digemari orang dewasa, anak-anak juga terbiasa minum anggur panas namun tanpa alkohol.

Segelas anggur panas atau gluhwein di christmas market di Wina, Austria dihargai 3,5 Euro atau sekira Rp.60.000,00. Sementara itu di Zurich, Swiss segelas anggur panas dihargai 6 CHF atau sekira Rp. 86.000,00.

(Baca Juga: Bikin Mewek! Ini Potret Suami-Suami Artis Menemani Detik-Detik Istri Melahirkan)

Karena termasuk minuman khas Eropa sejak zaman Romawi, anggur panas juga mudah dibuat sendiri. Bahan-bahannya pun bisa didapatkan dengan mudah di supermarket, yaitu red wine/ anggur merah, gula, lemon, cengkeh, kayu manis, air, serta jeruk.

Cara membuatnya juga mudah. Semua bahan-bahan dimasukkan ke dalam panci lalu panaskan di atas api. Sebelum dihidangkan, keluarkan cengkeh dan kayu manis dulu dari dalam cangkir.

(Baca Juga: Inilah 5 Model Victoria's Secret Terseksi di Dunia)

Sebagai hiasan bisa ditambahkan potongan jeruk. Anggur panas atau gluhwein pun siap dinikmati untuk menghangatkan badan.