nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Norwegia Punya Toilet Mewah, Yuk Intip Bentuk Ruangannya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 14:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 406 1888208 norwegia-punya-toilet-mewah-yuk-intip-bentuk-ruangannya-UbfjbRBcnZ.jpg Toilet Norwegia (Foto: Metro)

TOILET bisa dikatakan sebagai tempat krusial ketika bepergian. Sebab tidak semua tempat memiliki toilet umum yang bersih. Sedangkan banyak orang yang merasa enggan untuk buang air bila kebersihan toilet tidak terjaga. Maka tak heran bila ada orang yang mencari informasi mendetail mengenai toilet di tempat yang akan dikunjunginya.

Bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan ke Norwegia, tampaknya masalah toilet tidak perlu lagi dipersoalkan. Alasannya karena di sana ada toilet umum yang sangat bersih bahkan, tergolong sangat mewah untuk ukurannya. Toilet itu bernama Ureddplassen yang berbentuk gelombang hingga ujung fjord serta memiliki teras yang menghadap ke Laut Norwegia dan pegunungan salju meski tertutup Tembok Lofoten.

Credit: Lars Grimsby/NPRA

Menurut penuturan dewan wisata Nasjonale turistveger, toilet dibangun bukan hanya sekadar untuk kebutuhan melainkan sebagai tempat beristirahat sejenak. Di sekitar lokasi toilet memang banyak wisatawan yang datang untuk berpiknik maupun menikmati keindahan langit Northern Light.

Toilet dibangun oleh arsitek asal Oslo yaitu, Marit Justine Haugen dan Dan Zohar. Sebelumnya toilet yang terletak di dekat kota Gildeskal pernah ada dan mengalami renovasi. Tak tanggung-tanggung, biaya yang dikeluarkan untuk memasang kaca buram dan beton mencapai 1,4 juta poundsterling atau setara dengan Rp 27,6 miliar.

Credit: Steinar Skaar/NPRA

Bila biasanya pengunjung toilet mungkin akan merasa bosan atau lelah harus berdiri saat menunggu antrian, hal itu tidak berlaku di toilet ini. Di luar toilet bangku-bangku berbentuk blok yang terbuat dari marmer Norwegia Rose dan menawarkan kenyamanan. Selain itu, mata pengunjung toilet juga akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah.

Sebagau tambahan informasi, di sekitar toilet terdapat tugu peringatan yang cukup sering dikunjungi. Tugu itu sengaja dibuat untuk mengenang 42 orang pria yang meninggal pada Februari 1943. Mereka harus meregang nyawa lantaran kapal selam Angkatan Laut Kerajaan Norwegia menabrak sebuah ranjau yang diletakkan oleh kapal Jerman. Kapal itu kemudian tenggelam dan penumpangnya meninggal.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini