Sering Mabuk-mabukan Bisa Perpendek Umur 5 Tahun , Ini Buktinya!

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 481 1888078 sering-mabuk-mabukan-bisa-perpendek-umur-5-tahun-ini-buktinya-l6v2UzlKSj.jpg Mabuk (Foto: Vinepair)

KONSUMSI alkohol adalah salah satu hal yang tidak disarankan. Sebab alkohol bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Malah penelitian baru mengungkapkan jika alkohol dapat mengurangi angka harapan hidup hingga lima tahun.

Peneliti dari University of Cambridge melakukan analisis terhadap hampir 600.000 peminum dari 19 negara. Peserta penelitian merupakan minimal berusia 40 tahun dan rutin minum alkohol selama hidupnya. Dari hasil penelitian ditemukan bila mereka yang rutin konsumsi alkohol diantaranya meninggal dan mengembangkan penyakit kardiovaskular.

 BACA JUGA:

Viral, Video Kucing Meniup Lilin Ulang Tahun Bikin Gemas

Hasil lain yang ditemukan adalah mereka yang mengonsumsi lebih dari 8,5 liter per minggu angka harapan hidupnya berkurang hingga lima tahun. Sedangkan mereka yang meminum alkohol rata-rata 4,7 liter per minggu angka harapan hidupnya berkurang satu sampai dua tahun.

 

(Foto: Theindependent)

Penulis utama penelitian, Dr Angela Wood, mengatakan, "Pesan utama dari penelitian ini adalah jika seseorang sudah rutin minum alkohol, minum lebih sedikit sebenarnya dapat membantu ia hidup lebih lama dan menurunkan beberapa risiko kardiovaskular." Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di Lancet.

Sementara itu, Profesor David Spiegelhalter, menganggap penelitian ini termasuk yang sangat besar dan sangat mengesankan. "Penelitian ini memperkirakan bahwa mereka yang mengonsumsi alkohol lebih sedikit tidak menderita secara keseluruhan dalam hal tingkat kematian serta memiliki kemungkinan 20% lebih sedikit untuk terkena serangan jantung," ucapnya seperti yang dikutip dari Mirror, Selasa (17/4/2018).

 BACA JUGA:

Lebih Dekat dengan Pramoedya Ananta Toer Lewat Pameran Catatan Kehidupannya

Beberapa penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi alkohol dengan penyakit kardiovaskular seperti risiko stroke yang lebih tinggi, gagal jantung, dan aneurisma fatal di aorto. Dengan adanya penelitian ini diharapkan tingkat konsumsi alkohol semakin menurun karena menjelaskan bahaya yang ditimbulkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini