nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terungkap! Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 12:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 18 481 1888112 terungkap-minum-3-cangkir-kopi-sehari-bisa-kurangi-risiko-penyakit-jantung-w35ZsXnGl2.jpg Minum kopi (Foto: Fashion Trends)

SEBUAH penelitian baru menunjukkan bahwa konsumsi tiga cangkir sehari dipercaya dapat menurunkan risiko irama jantung yang tidak normal. Padahal, banyak ahli kesehatan menyerankan para pasien dengan masalah jantung seperti aritmia (kondisi jantung berdetak tidak teratur), untuk menghindari minuman berkafein.

Ahli jantung asal Australia justru memaparkan fakta sebaliknya. Para ahli dari Baker Heart and Diabetes Institute di Melbourne percaya kafein dapat membantu melindungi jantung manusia dari penyakit yang mematikan.

Mereka telah melakukan serangakaian analisis untuk mengamati hubungan kafein dan dampaknya pada aritmia atrium dan ventrikel. Para ahli menemukan bahwa, kafein sangat ampuh dalam menghalangi efek adenosin atau zat kimia yang dapat meningkatkan risiko aroma jantung yang abnormal.

BACA JUGA:

Lebih Dekat dengan Pramoedya Ananta Toer Lewat Pameran Catatan Kehidupannya

Penelitian yang melibatkan 228.465 orang itu menunjukkan risiko fibrilasi atrium (suatu kondisi yang menyebabkan jantung tidak teratur) turun enam persen pada peminum kopi biasa.

 

(Foto: Ist)

Sementara itu, penelitian lain yang melibatkan 115.993 pasien juga berhasil membuktikan terjadinya pengurangan risiko sebesar 13 persen, pada responden yang mengonsumsi kopi secara rutin.

Demikian pula dengan sebuah studi acak dari 103 pasien yang pernah terkena serangan jantung. Mereka diberikan 353 mg kafein perhari dan menunjukkan peningkatan denyut jantung, dan tidak ada gejala aritmia yang signifikan.

"Ada persepsi publik yang seringkali berdasarkan pengalaman anekdotal bahwa kafein adalah pemicu masalah pada jantung,"kata Dr Peter Kistler, pemimpin penelitian tersebut, seperti dilansir dari Independent, Rabu (18/4/2018).

Hanya ada dua penelitian yang menunjukkan peningkatan risiko untuk aritmia yaitu, ketika pasien mengonsumsi setidaknya 9 hingga 10 cangkir kopi sehari.

Berdasarkan hasil temuan tersebut, para ahli menyarankan kepada seluruh pasien jantung untuk mengonsumsi 300mg kafein sehari atau setara dengan tiga cangkir. Ini sangat aman untuk pasien dengan detak jantung yang tidak teratur.

 BACA JUGA:

10 Hal yang Bisa Mengganggu Tingkat Kesuburan Sperma

Namun, mereka menambahkan, siapa pun yang mengidap penyakit jantung sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum meningkatkan jumlah konsumsi teh dan kopi yang mereka minum dalam kurun waktu satu hari.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini