Tak Hanya Kopi, Teh Juga Bikin Gigi Berwarna Kuning

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 04:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 481 1888487 tak-hanya-kopi-teh-juga-bikin-gigi-berwarna-kuning-uKvXoSOP5K.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

ADA pepatah 'Awali hari dengan senyuman'. Namun ada orang yang memilih mengawali hari dengan secangkir kopi maupun teh. Masing-masing memiliki seleranya sendiri. Tapi tahukah Anda bila keduanya saling berkaitan?

Selama ini muncul anggapan dan bahkan sudah terbukti bila kopi dapat membuat gigi berwarna kuning. Bagi beberapa orang mungkin hal itu sedikit mengurangi kadar kepercayaan diri ketika senyum. Kini timbul fakta baru jika ternyata teh juga bisa menyebabkan hal yang sama yaitu mengubah warna gigi.

Seorang dokter gigi, Jordan Kirk, menyatakan segala jenis teh dapat menyebabkan gigi berubah warna baik itu teh hitam maupun teh hijau.

 (Baca Juga: Siapkan Catwalk 3,6 Km, Jember Fashion Carnaval ke-17 Usung Tema ASIALIGHT)

"Enamel gigi secara alami berpori dan dapat menyerap tanin dalam teh, yang mengarah pada perubahan warna gigi," katanya seperti yang dikutip dari Independent, Kamis (19/4/2018).

Teh mengandung sejumlah senyawa yang bisa menodai gigi antara lain theaflavin, thearubigins, dan theabrownins. Ketiganya memiliki efek perubahan warna pada gigi yang terbilang kuat. Theaflavin dan thearubigins adalah konstituen dari tannin, zat yang juga digunakan dalam proses penyamakan kulit.

  (Baca Juga: Ahli Ungkap 6 Tips Merawat Pisau Agar Awet dan Tahan Lama)

Teh hijau diduga mengandung jumlah tanin tertinggi. Walau begitu beberapa tanin termasuk antioksidan yang bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Tapi lain halnya dengan asam tannic yang dapat menyebabkan iritasi lambung dan kerusakan hati.

Kadar tannin yang cukup tinggi dapat menciptakan plak di gigi. Seiring berjalannya waktu plak menyebabkan gigi berubah warna menjadi kuning.

Sementara itu, dokter gigi lainnya, Dr Payal Sharma Birch menyarankan agar setiap orang menyikat gigi setidaknya selama dua menit dua kali sehari. Cara itu bisa membantu membersihkan plak sehingga secara tidak langsung mencegah terjadinya perubahan warna gigi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini