nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Eksis di Medsos? Begini Tips Hits ala Nadia Mulya dan Joe Roesma

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 20:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 19 196 1889011 mau-eksis-di-medsos-begini-tips-hits-ala-nadia-mulya-dan-joe-roesma-5gbl9dXiGS.jpg Nadia Mulya dan Joe Roesma (Foto: April/Okezone)

MEDIA sosial kini menjadi wadah komunikasi yang hampir setiap orang miliki. Kebutuhan akan informasi dan pengaktualisasian diri membuat setiap detik begitu berharga untuk diabadikan atau dibagikan.

Beberapa aplikasi media sosial pasti tersemat di dalam telepon genggam pintar Anda. Sehari saja tidak membukanya, maka hidup akan terasa hampa.

"Media sosial membuat gaya komunikasi kita berbeda. Dulu kita masih curhat di buku harian, sekarang berubah jadi di medsos. Belum lagi dengan adanya gif dan emoticon, dulu bisa nulis berlembar-lembar sekarang tidak," ucap Joy Roesma, penulis buku Media Sosialita, dalam pemaparannya di acara Konferensi Pers Peluncuran Buku Media Sosialita oleh Joy Roesma dan Nadia Mulya, di Senayan City, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Wanita yang kerap dipanggil Joy ini pun mengakui, sejak masyarakat mulai terpapar internet dan muncul beragam media sosial, terjadilah perubahan perilaku masyarakat. Akhirnya, tidak sedikit warganet yang ingin eksis di media sosial, beberapa influencer atau selebgram diikuti gayanya, demi dinilai kekinian oleh pengguna media sosial lainnya.

"Kita harus menyesuaikan diri dengan kemampuan yang dimiliki, misalnya memang ingin mengikuti, harus mampu mulai dari finansial dan lainnya, dan sesuai dengan karakter yang dimiliki, jadi memang benar-benar harus disesuaikan," imbuh Joy.

"Jangan 'BPJS' ya Bujet Pas-pasan Jiwa Sosialita. Menyambung soal tren, media sosial memang banyak sekali 'kompor', ada tren apa gara-gara social media, seperti tren olahraga jadi lebih cepat tersebar," sambar Nadia Mulya, penulis buku dan publik figur.

(Baca Juga: Buka Acara Festival Fesyen, Jokowi Kenakan Sarung)

Lebih lanjut, Nadia berpesan, kalau mau mengikuti tren, sebaiknya mengikuti yang sesuai karakter dan jangan memaksakan keadaan.

"Kalau suka olahraga posting saja, kalau suka kuliner juga begitu, karena menurut aku banyak sekali tren yang bisa ikuti sesuai karakter yang dimiliki," tambah Nadia.

"Tapi, menurutku jangan jadi manusia yang tidak bersyukur sih, Nad. Karena dikit-dikit nanti jadi membandingkan mulu, itu juga tidak bagus," imbuh Joy.

 

(Baca Juga: Bikin Mewek! Ini Potret Suami-Suami Artis Menemani Detik-Detik Istri Melahirkan)

Nadia menambahkan, setiap pengguna media sosial sebaiknya tahu perbedaan antara sosok sosialita yang sesungguhnya dengan selebgram yang hanya pencitraan saja. Wanita yang piawai menulis ini pun membagikan informasinya tentang perbedaan orang yang hanya pencitraan dengan sosialita sebenarnya.

"Bedanya, kalau hanya pencitraan itu agak jomplang dengan kenyataan, jadi sebisa mungkin yang kita bagikan di social media jangan terlalu jauh beda dengan kenyataan, malah kalau bisa jadi motivasi kenyataannya lebih bagus lagi, karena banyak juga orang yang membagikan unggahannya hanya demi pencitraan saja," ungkap Nadia.

Nadia memberikan salah satu contoh kasus pengguna media sosial yang hanya pencitraan saja lewat pengalaman yang ia alami sendiri, akhirnya ditulis dalam bukunya. Pengalaman tersebut Nadia dapatkan ketika hendak turun dari sebuah pesawat.

"Pengalaman saya sendiri, lagi turun dari pesawat, karena saya di kelas ekonomi, waktu itu ada perempuan yang sampai nunggu banget kursi penumpang bisnis kosong, lalu dia duduk di kursinya dan foto-foto. Ada juga di Rusia pesawat private jet yang disewakan hanya untuk foto-foto. Meskipun menurut kita lucu, tapi bahaya bagi mereka yang masih labil, melihat itu jadi kepingin, itu yg seharusnya kita hindari," jelas Nadia.

"Memang benar kata seorang psikolog, di media sosial itu memang adalah tampilan yang sudah dipoles dan bukan yang sesungguhnya," pungkas Joy.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini