nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangkrik dan Ulat Mulai Dijual di Supermarket

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 12:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 19 298 1888708 jangkrik-dan-ulat-mulai-dijual-di-supermarket-F9hvMsE6Yh.jpg Ilustrasi (Foto: Eurasianet)

MADRID - Jaringan pasar swalayan Carrefour mulai menjual makanan-makanan olahan dari jangkrik dan ulat.

Penjualan itu merupakan bentuk komersialisasi lebih luas atas binatang-binatang serangga sebagai sumber makanan, yang untuk pertama kalinya diterapkan di Spanyol.

Tidak seperti yang mungkin sebelumnya diperkirakan kalangan konsumen yang penakut, jajaran berbagai serangga di rak-rak supermarket Spanyol itu tidak terlalu mengganggu karena sudah diolah menjadi berbagai produk makanan, dari balok camilan berenergi, makanan ringan hingga pasta.

Carrefour menerangkan bahwa berbagai olahan makanan bermuatan serangga itu disediakan untuk "menawarkan produk-produk paling inovatif kepada para konsumen serta untuk memasukkan sumber-sumber makanan alternatif, yang ramah lingkungan".

Carrefour menambahkan bahwa serangga merupakan bagian penting dalam kebiasaan makanan di wilayah-wilayah lain di dunia.

(Baca Juga: Buka Acara Festival Fesyen, Jokowi Kenakan Sarung)

"Menurut Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa urusan Pangan dan Pertanian, serangga menjadi makanan bagi lebih dari dua miliar orang dan dianggap sebagai makanan masa depan," kata perusahaan itu.

Carrefour juga mengisyaratkan bahwa pengolahan serangga sebagai makanan bisa berarti penurunan gas rumah kaca dan bahwa memakan serangga menjadi kebiasaan yang semakin populer karena unsur-unsurnya yang menyehatkan.

(Baca Juga: Wanita Ini Selalu Manfaatkan Pria untuk Bisa Liburan Gratis, Yang Terakhir Habiskan Dana Rp1,9 Miliar!)

Menurut Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa urusan Pangan dan Pertanian, serangga kaya akan protein, vitamin B1, B2, B3 serta mengandung Omega 3 dan 6, juga asam amino dan berbagai mineral seperti zat besi.

Penjualan serangga sebagai makanan telah mendapat izin Uni Eropa pada awal 2018. Sebelumnya, kurangnya peraturan membuat produk-produk serangga tidak bisa dijual di Spanyol karena alasan kesehatan publik.

(Baca Juga: Bikin Mewek! Ini Potret Suami-Suami Artis Menemani Detik-Detik Istri Melahirkan)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini