Kunci Kelezatan Hidangan, Cek Kualitas Bumbu Rempah Sebelum Ditambahkan ke Masakan

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 19 298 1888958 kunci-kelezatan-hidangan-cek-kualitas-bumbu-rempah-sebelum-ditambahkan-ke-masakan-i3vcxFE8at.jpg Periksa kualitas bumbu rempah sebelum dimasukkan ke masakan (Foto: Tiara/Okezone)

KEKAYAAN bumbu rempah-rempah di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Bahkan zaman dahulu ketika bangsa ini dijajah, niat terbesar para penjajah adalah mengambil bumbu rempah-rempahnya. Maka sudah sepatutnya kita berbangga dengan hal ini.

Hingga saat ini rempah-rempah masih dijadikan bumbu masakan karena dapat menambah kelezatan di makanan. Hal itu pun diakui oleh juara MasterChef Indonesia Season 1, Lucky Andreono. Dirinya pun gemar menciptakan masakan yang menggunakan banyak bumbu dari rempah-rempah.

"Lebih ke rasa, bumbu rempah kita banyak variasi dan rasa. Bagusnya karena kita mempunyai banyak banget bumbu rempah untuk digabungkan. Skill memasaknya itu, menggabungkan berbagai bumbu rempah di makanan," tuturnya saat ditemui di sela-sela acara demo masak dalam rangka peluncuran Pusat Bumbu Dapur di SaveMax Cibubur, Gunung Putri, Jawa Barat, Kamis (19/4/2018).

Walaupun mampu menambah cita rasa makanan, namun Chef Lucky juga mengingatkan agar setiap orang yang hendak memasak memeriksa kualitas bumbu rempah. "Yang pasti harus dilihat bagaimana baunya. Meski termasuk bumbu, rempah juga bisa basi tergantung dari cara penyimpanannya. Selain itu, kalau rempahnya harus ditumis ya tumis dulu karena ada rempah yang aromanya baru keluar kalau panas, disangrai lah istilahnya," tambahnya.

(Baca Juga: Buka Acara Festival Fesyen, Jokowi Kenakan Sarung)

Untuk memeriksa kualitas rempah, Chef Lucky membeberkan cara yang mudah. "Terkadang ada jamurnya, juga menggumpal kalau ditaruh. Rempah kalau ditaruh di tempat lembap pastinya bakal lembap juga. Makanya tempat penyimpanannya harus kering karena akan terjaga kualitasnya," ujar chef yang telah memiliki rumah makan dan usaha katering ini.

 

(Baca Juga: Bikin Mewek! Ini Potret Suami-Suami Artis Menemani Detik-Detik Istri Melahirkan)

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Wayan Gede Suci selaku Operation Director SaveMax menyatakan jika di pusat grosir itu terdapat lebih dari 1000 bumbu rempah yang bisa menjadi pilihan untuk pelanggan. "Mulai dari yang fresh, bubuk kering, pack, cepatn hingga siap saji kita ada. Bumbu rempahnya berasal dari berbagai tempat, ada yang dari Indonesia, Middle East, dan Eropa," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini