nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensasi Triathlon Sembari Merasakan Suasana 'Lebaran' di Bangka

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 20:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 20 406 1889534 -97FgYpfcsI.jpg

MINAT komunitas triathlon di Indonesia sangat tinggi untuk mengikuti Sungailiat Triathlon, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung karena memiliki kekhasan tersendiri.

Kali ini jumlah peserta mencapai lebih dari 500 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dan berbagai negara. Hal ini karena Sungailiat Triathlon telah menjadi Kalender Even Nasional untuk sport tourism.

"Sungailiat Triathlon juga sering disebut 'Lebaran'-nya pegiat dan penggemar olah raga triathlon," urai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Kepulauan Bangka Belitung Thomas Jusman, Jumat (20/4/2018).

Selain jadi sarana berolahraga, pelaksanaan triathlon Sungaliat dipadukan dengan wisata alam, wisata kuliner serta kearifan budaya lokal yang disebut sebagai nganggung.

Nganggung, jelas Thomas, merupakan tradisi unik makan bersama khas Kabupaten Bangka. Peserta triathlon bakal membaur dengan masyarakat di tengah acara yang diselenggarakam di area masjid. Masyarakat biasanya membawa dulang berisi makanan yang ditutup tudung saji untuk dinikmati bersama-sama.

"Kita berharap Kabupaten Bangka secara khusus bisa menjadi kota wisata dunia karena pantai berpasir putih dengan formasi batu-batunya yang eksotik serta dengan background bukit yang luar biasa indah," tutur Thomas.

Daya tarik lainnya terletak pada keindahan alam Kabupaten Bangka. Selain perbukitan dan pantainya yang tersohor, kota ini juga dikenal dengan wisata religi. Titik kegiatan Sungailiat Triathlon pun sengaja ditempatkan di Pantai Tanjung Pesona agar peserta sekaligus menikmati keindahannya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pernah menyempatkan diri mengunjungi kawasan Pantai Tanjung Pesona. Arief memastikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Pantai Timur Sungailiat akan terealisasi pada 2018.

Thomas kembali berharap agar pelaku usaha pariwisata akan mempromosikan Bangka sebagai daerah tujuan wisata nasional dan dunia. Lantaran telah didorong oleh Menpar melalui KEK serta even-even yang mendongkrak pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

(Baca Juga: Pria Ini Beruntung Nikahi Model Seksi Ukraina, Perjuangan Cintanya Bikin Baper)

Sementara itu, pengelola Pantai Tanjung Pesona, Yohanes menuturkan, dari enam kali perhelatan Sungailiat Triathlon, tiga kali secara berturut-turut digelar di Pantai Tanjung Pesona. Ini menjadi kado spesial dalam memeringati hari jadi Sungailiat ke-552.