Jangan Takut Makan Nanas karena Bikin Bibir Gatal, Kenali Dulu Sederet Manfaatnya Ini

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 20 481 1889183 jangan-takut-makan-nanas-karena-bikin-bibir-gatal-kenali-dulu-sederet-manfaatnya-ini-SdPME7xksp.jpg Nanas (Foto: Healthsfitness)

MULAI saat ini jangan malas makan nanas karena alasan gatal dan bisa mengiritasi bibir. Seperti diketahui, buah ini kaya vitamin C dan antioksidan baik.

Manfaatnya bisa menjaga sistem kekebalan tubuh, yang membuat Anda jauh dari penyakit infeksi dalam kehidupan sehari-hari. Nanas juga cocok dimakan untuk orang-orang yang diet, karena rendah kalori.

Bagi Anda yang ingin menjaga kebersihan rongga mulut, sebenarnya juga dapat mengonsumsi nanas. Buah ini ampuh mencegah terjadinya sariawan, karena tinggi vitamin C. Juga menyehatkan bagian gusi Anda.

 BACA JUGA:

Lagi Heboh di Dunia Maya Cokelat Bentuk Mr P, Mau Coba?

Terlebih, makan nanas dapat melancarkan sistem pencernaan, karena kandungan seratnya cukup tinggi. Anda pun terbebas dari perut mulas atau malah sembelit.

Masih banyak lagi manfaat buah nanas ini untuk mendukung sistem metabolisme tubuh. Anda pun bisa mengolah nanas segar menjadi hidangan apapun sesuai selera.

Nanas paling cocok diolah menjadi minuman segar, selai, masakan bergaya Western, hingga buahnya enak dimakan langsung dengan dipotong. Selalu sediakan stok buah nanas dalam kulkas agar ingat terus dimakan.

Tapi sayangnya, seorang jadi malas makan nanas potong karena merasa sensasi gatal di bagian bibir. Padahal buah ini kaya nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan asupan pangan manusia.

 

(Foto: Lifescript)

Mungkin Anda salah satu dari orang yang sering mengeluh gatal di bagian langit-langit mulut, usai makan nanas. Tapi tidak banyak tahu pemicunya, sehingga orang lebih milih menghindari makan nanas yang dibeli langsung di pasar atau supermarket.

Dilansir Popsugar, Jumat (20/4/2018), ternyata nanas mengandung enzim protease tanaman yang disebut bromelain. Zat ini mudah sekali memecah protein, berupa bromelain sering digunakan sebagai pelunak daging alami. Selain itu, bromelain juga dapat menyebabkan sensasi berduri di mulut saat dikonsumsi.

Meskipun enzim hadir di semua bagian tanaman nanas, tapi bagian yang paling terkonsentrasi yakni di ujung batang yang berduri. Maka setelah dihilangkan, nanas harus segera dikupas kulitnya. Juga, dengan bintik-bintik hitam di bagian pinggir daging nanas harus dihilangkan.

Saat nanas dibelah, bagian tengahnya yang keras jangan lupa dihilangkan. Banyak terkandung getah di bagian itu dan rasanya sangat asam.

BACA JUGA:

Selayar Kembangkan 53 Spot Wisata, Ada Juga Masjid Unik dan Gong Langka

Supaya Anda tidak lagi merasakan sensasi gatal usai makan nanas, bisa dihilangkan dengan trik yang tepat. Setelah daging nanas dibelah dan dipotong sesuai selera, rendam nanas dengan air garam. Atau untuk cara yang tidak sederhana, banyak orang percaya bahwa nanas kupas yang dibiarkan dalam semalam, dapat menghilangkan bagian enzim pemicu gatal. Bagaimana, tetap masih enggan makan buah nanas yang kaya manfaatnya ini?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini