Fase Menopause, Waspada Penyakit Alzheimer dan Autoimun

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 20 481 1889273 fase-menopause-waspada-penyakit-alzheimer-dan-autoimun-Fm34CE6ySg.jpg Ilustrasi menopause (Foto: Harvardhealth)

PERNAH mendengar alzheimer? Ternyata penyakit ini lebih lazim dialami wanita ketika tua nanti di bandingkan pria.

Ketika kadar estrogen menurun selama menopause, otak wanita lebih rapuh sehingga bisa terkena alzheimer. Selain itu, penyakit lain yang rentan terkena pada wanita adalah penyakit paru, seperti COPD (chronic obstructive pulmonary disease ), asma, atau fibrosis paru.

BACA JUGA:

Icip-Icip Jajanan Kekinian, Mulai dari Bakso Aci Bandung hingga Es Kepal Milo

“Wanita lebih berisiko mengidap penyakit tersebut dan meninggal karenanya,” kata Irene Tien, perawat di unit gawat darurat. Mengenai penyakit lupus yang lebih tinggi dialami perempuan, Iris Rengganis, Ketua Divisi Alergi lmunologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, mengatakan, sampai saat ini penyebab lupus eritematosus sistemik (LES) belum diketahui.

Ada dugaan faktor genetik, infeksi, dan lingkungan ikut berperan pada patofisiologi LES. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa umumnya wanita lebih banyak menderita penyakit autoimun. Walau pun wanita terbanyak menderita penyakit autoimun, umumnya berbagai penyakit autoimun tidak berbeda tingkat keparahannya dengan laki-laki.

 BACA JUGA:

Lagi Heboh di Dunia Maya Cokelat Bentuk Mr P, Mau Coba?

Hormonal endogenous pada wanita tidak selalu dapat menerangkan terjadinya penyakit autoimun, tetapi faktor-faktor lainnya, seperti variasi biologis wanita (kehamilan dan menstruasi), merupakan kondisi yang juga dapat menerangkan prevalensi tinggi pada wanita.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini