nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Tahu Pariwisata di Purwakarta? Unduh Aplikasi Ini di Smartphone

Mulyana, Jurnalis · Sabtu 21 April 2018 12:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 21 406 1889692 mau-tahu-pariwisata-di-purwakarta-unduh-aplikasi-ini-di-smartphone-Glg54JRJlQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Dok Okezone)

PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) serius memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sebut saja salah satunya, pelayanan di sektor kepariwisataan.

Tak hanya menyediakan fasilitasnya, pemerintah pun membuat pelayanan lain untuk warganya supaya pariwisata ini bisa lebih mudah diakses. Yakni, dengan meluncurkan sistem kepariwisataan berbasis teknologi.

Program digital dengan sistem android ini, merupakan pelengkap lain dari 'Ogan Lopian' atau program aplikasi khusus pelayanan yang telag diluncurkan pemkab beberapa waktu lalu.

'Sampurasun Pariwisata' begitulah sebutan untuk aplikasi kepariwisataan itu. Dengan aplikasi berbasis android ini, wisatawan bisa mengakses tentang pariwisata di Purwakarta melalui smartphone.

Kabid Pariwisata dan Budaya, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar menuturkan, pihaknya sengaja membuat aplikasi tersebut guna memudahkan masyarakat. Terutama, bagi mereka yang membutuhkan informasi mengenai kepariwisataan di wilayahnya.

Cukup beralasan, mengingat saat ini‎ di wilayahnya sudah banyak terdapat lokasi-lokasi cukup eksotis yang bisa dieksplor untuk berwisata.‎ Tak hanya di pusat kota, tempat wisata inipun tersebar di wilayah tersembunyi yang bisa di bilang sangat jarang dijamah oleh manusia.

"Semua informasi mengenai kepariwisataan di Purwakarta ada dalam satu aplikasi android. Aplikasi ini, kami berinama 'Sampurasun'. Tinggal diunduh saja di smartphone," ujar Heri kepada Okezone, belum lama ini.

(Baca juga: Keren, Mesin Cuci Ini Jadi Viral karena Tak Pakai Listrik!)

Heri menjelaskan, saat ini aplikasi 'Sampurasun' sudah bisa diunduh oleh masyarakat melalui smartphone berbasis android. Jika aplikasi tersebut telah diunduh, saat itu juga maayarakat bisa menikmati layanan ang ada di dalamnya.

Misalnya, untuk mencari hotel, rumah makan khas, dan lokasi wisata (alam, kuliner dan religi) yang ada di Purwakarta. Nantinya, aplikasi tersebut bakal menampilkan lokasi yang hendak dituju masyarakat, berikut dengan penunjuk jalannya. "Dengan aplikasi ini, pelayanan kepariwisataan menjadi lebih praktis, " jelas dia.

(Baca Juga: Inilah 5 Wajah Pria Paling Tampan di Dunia yang Pesonanya Tak Pernah Luntur)

Menurut Heri, tak hanya informasi soal destinasi wisata dan lokasi penting lainnya yang ada di wilayah itu‎, melalui aplikasi ini masyarakat bisa menikmati layanan lainnya. Karena, dalam aplikasi ini juga ada beberapa menu yang bisa diakses oleh masyarakat. Sebut saja salah satunya, layanan Ojek Wisata.‎

Menurutnya, layanan Ojek Wisata yang jadi salah satu menu di aplikasi tersebut, nantinya jadi di sarana penunjang bagi wisatawan. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke Purwakarta bisa menggunakan jasa mereka untuk berkeliling tempat wisata. Mereka (tukang ojek) ini, juga sekaligus‎ akan menjadi pemandu wisata.

(Waduk Parang Gombong Purwakarta)

(Baca Juga: Punya Bakat Bertarung Hebat, Bocah 7 Tahun Ini Dijuluki 'Bruce Lee' Mini)

Jadi, kata dia, layanan ojek ini nantinya bisa dinikmati sebagai armada sekaligus pemandu bagi para pelancong untuk mengeksplor seluruh lokasi wisata yang ada.

"Penasaran, silahkan didownload saja aplikasinya, dan nikmati layanan pariwisata dari kami," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini