nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sensasi Selfie di Wana Wisata Kampung Indian Jember

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu 22 April 2018 00:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 21 406 1889861 sensasi-selfie-di-wana-wisata-kampung-indian-jember-QpC5f8coxV.jpg Kampung Indian (Foto: Antara)

MENGABADIKAN momentum saat berjalan-jalan di objek wisata dengan swafoto di spot yang menarik sudah menjadi tren bagi semua kalangan, tidak hanya anak muda, namun orang tua pun tidak mau ketinggalan.

Menikmati udara segar di hutan tengah kota sambil berjalan-jalan bersama keluarga saat akhir pekan menjadi salah satu pilihan untuk melepas penat, setelah bekerja selama sepekan dan tentu tidak harus pergi ke luar kota yang menghabiskan banyak biaya.

Di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terdapat wana wisata yang dikembangkan oleh Perum Perhutani Jember yang berada di kawasan hutan perkotaan dengan nuansa ala Suku Indian yang merupakan pemukim pertama di Amerika.

Kampung Suku Indian atau yang dikenal dengan "Indian Camp" berada di Desa Kotok, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, atau sekira 25 kilometer dari kota Jember. Objek wisata itu menjadi salah satu tujuan wisata baru yang menyuguhkan suasana hutan kota yang asri dengan nuansa permukiman Suku Indian yang dikemas apik nan menarik untuk memikat wisatawan.

Lokasi hutan kota yang dikelola oleh Perum Perhutani Jember itu memiliki luas sekira 7 hektare yang masih terjaga kondisinya dengan baik dan di dalamnya terdapat kampung Indian yang didesain menyerupai permukiman suku Indian lengkap dengan berbagai spot eksotis untuk swafoto.

Kawasan di sekitar kampung Indian itu sangat asri berupa hutan yang ditata rapi dengan pepohonan pinus yang meghampar hijau dan di sela-selanya terdapat dekorasi Suku Indian yang ada di hutan itu menjadi daya tarik utama, dan tentunya sejumlah spot unik nan menarik menjadi bidikan wisatawan untuk swafoto.

Pengelola wisata Kampung Indian Tria Angantaka Putra mengatakan lokasi tersebut menjadi salah satu objek wisata hutan kota dengan menyediakan sejumlah spot untuk berswafoto ala Suku Indian dengan suasana yang sejuk nan asri.

(Baca Juga: 5 Wajah Pria Paling Tampan di Dunia yang Pesonanya Tak Pernah Luntur)

Konsep Suku Indian dipilih oleh pengelola wisata untuk memadukan keasrian hutan belantara yang masih asli dan berbagai ornamen Suku Indian semakin melengkapi wana wisata yang sejuk nan rindang tersebut, sehingga wisatawan seakan diajak untuk menjadi Suku Indian di kawasan tersebut.

Pengunjung juga bisa menyewa kostum ala Suku Indian dengan sejumlah ornamen dan perlengkapan, seperti busur, panah, kapak, bulu-bulu untuk penutup kepala yang disediakan oleh pengelola, sehingga mereka bisa berkeliling hutan dengan mengenakan kostum tersebut seakan menjadi Suku Indian.

Tidak hanya sejumlah spot swafoto ala Suku Indian yang bisa dinikmati di sana, arena bermain untuk anak-anak juga disediakan di kawasan wana wisata tersebut, sehingga liburan semakin seru bersama keluarga di Kampung Indian yang berada di Desa Kotok, Kecamatan Arjasa tersebut.

Selain berfoto-foto, wisatawan juga bisa berjalan berkeliling areal hutan pinus yang sejuk dan masih asri. Oh ya, jangan lupa menyempatkan pula mencoba sensasi meniti jembatan kayu bernama "Jembatan Cinta" di tengah hutan belantara dengan bergaya ala Suku Indian.

Untuk masuk wisata ke Kampung Indian tersebut, pengunjung hanya dikenai biaya Rp3.000 per orang dan sejumlah aksesoris ala Suku Indian juga disewakan kepada pengunjung yang ingin berswafoto ala Suku Indian.

"Tidak salah kami memilih objek Kampung Indian untuk liburan akhir pekan karena cuacanya cukup sejuk dan asri, serta bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang suku Indian yang sering mereka tonton di televisi," kata salah seorang pengunjung, Nurlela Zubaidah.