nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tampil Stylish saat Ramadan dan Lebaran dengan Subarashi ala Jepang, Kolonial, hingga Victorian

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 22 April 2018 18:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 22 194 1890040 tampil-stylish-saat-ramadan-dan-lebaran-dengan-subarashi-ala-jepang-kolonial-hingga-victorian-sTlAqrEzdn.jpg Busana rancangan Barli Asmara dalam MUFFEST 2018 (Foto: Pradita/Okezone)

SETIAP wanita Muslim pasti pernah mengalami situasi merasa bingung soal outfit bulan Ramadan dan Hari Raya Lebaran. Sebanyak apapun outfit yang dimiliki di lemari pakaian di rumah, pada akhirnya kebanyakan wanita merasa tidak memiliki banyak variasi outfit, karena outfit yang ada bermodel itu-itu saja, contohnya busana kaftan.

Sebenarnya busana bulan puasa dan hari Lebaran nanti tidak harus melulu terpaku pada busana kaftan loh! Banyak variasi model outfit yang bisa dijadikan pilihan, bahkan busana dengan motif batik juga bisa dijadikan pilihan untuk bergaya nanti.

  (Baca Juga: Usai Menikahkan Syahnaz, Begini Ungkapan Hati Raffi Ahmad sebagai Pengganti Ayah)

Seperti yang diperlihatkan oleh empat orang desainer kenamaan Indonesia, Barli Asmara, Khanaan Shamlan, Diniira dan Kami Idea dalam panggung pagelaran busana bertajuk ‘Sinar Pijar by Wardah’ dalam gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2018, pada Sabtu 21 April 2018.

(Koleksi Barli Asmara)

Masing-masing desainer menunjukkan hasil rancangannya di acara kali ini. Panggung runway dibuka pertama kali oleh koleksi dari Barli Asmara Pret-A-Porter, mengusung sepuluh buah koleksi berwarna biru indigo dan putih bertemakan ‘Raya’ yang terinspirasi dari suasana di Hari Raya Idul Fitri yang suci, Barli dengan apik menampilkan perpaduan motif Shibori yang merupakan ciri khas dari Jepang dalam wujud setelan busana teknik layering, atasan, bawahan celana, vest, dan outer yang didominasi oleh bahan linen dan organza agar terasa ringan saat dikenakan.

(Koleksi Barli Asmara)

  (Baca Juga: Tips Berkebaya bagi Anda yang Berhijab agar Cantik dan Tetap Santun)

Selanjutnya, konsep akan kemegahan kerajaan Skotlandia dan Inggris jadi sumber inspirasi Dini Pratiwi Ira dengan lini Diniira nya dalam menampilkan sepuluh koleksi busana bertema Alba yang diwujudkan dalam bentuk outfit ber-cutting struktural dan penambahan detail payet mewah dan detail di bagian lengan, seperti puff sleeves dan peasant sleeves dalam bentuk berupa tunik, cape, dress with empire waist, dress mermaid, kemeja serta celana palazzo. Mempresentasikan keindahan istana Skotlandia, Dini memilih untuk menggunakan palet warna hitam, broken white, hijau, pink, dan abu-abu.

 

(Koleksi Diniira)

Untuk yang nanti saat bulan puasa ingin berbusana dengan gaya girly yang manis, mungkin bisa menjadikan koleksi Maalia dari Kami Idea sebagai inspirasi dalam bergaya. Seperti disebutkan oleh Nadya Karina selaku direktur kreatif dan co-founder KAMI, koleksi perdana Kami Idea di panggung Muffest 2018 tersebut terinspirasi dari kesegaran angin di awal musim semi. Di mana udara sebagai inspirasi ini diwujudkan dengan koleksi rancangan yang didominasi oleh dress berdetail payet bergaya feminin dengan sileut flowly ringan mengayun-ngayun.

(Koleksi Kami Idea)

Semuanya hadir berwarna putih dan dipadukan bersama beragam material kain agar bisa menciptakan busana yang punya tekstur ringan dan volume yang berbeda-beda. Sedangkan untuk detail, detail payet (beads) lah yang dipilih di koleksi Maalia agar bisa menjadi outfit yang tidak hanya cantik namun sekaligus terlihat mewah.

 

(Koleksi Kami Idea)

Terakhir, ada Khanaan Shamlan, yang mempresentasikan koleksi signature bertemakan Linea (garis) dengan mengambil inspirasi dari era kolonial memakai material bahan cukup beragam, mulai dari Thaisilk, crepe silk, organza silk, dan abutai silk.

(Koleksi Khanaan)

Siluet yang dihadirkan, ialah siluet petticot, layer dan look seperti era kolonial namun tetap menggunakan batik tulis motif kontemporer yakni motif Galaran, motif tradisional bergambar garis berulang-ulang dengan permainan warna-warna earth tone seperti nude, hitam, abu-abu terang, nude peach, hingga rosy beige. Tidak lupa, Khanaan pun menambahkan detail embellishment 3D di setiap look nya.

 

(Koleksi Khanaan)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini