nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Hal Aneh yang Bisa Terjadi saat Menstruasi

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 23 April 2018 08:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 22 481 1889995 5-hal-aneh-yang-bisa-terjadi-saat-menstruasi-eAXyiEqals.jpg Ilustrasi (Foto: Independent)

PERIODE menstruasi terkadang bisa terasa menyebalkan karena hal-hal yang terjadi. Sebut saja kram perut, suasana hati yang mudah berubah-ubah, dan keinginan untuk makan terus-menerus. Ketiganya biasa terjadi sebelum maupun selama menstruasi.

Tapi tahukah Anda bahwa ada hal lain yang bisa terjadi dan terbilang aneh saat periode menstruasi? Melansir Mirror, Senin (23/4/2018), inilah empat tanda aneh yang mungkin terjadi:

Migrain

Banyak perempuan yang terkena migrain sangat buruk menjelang masa menstruasi. Rasa sakit pada kepala bahkan bisa lebih parah daripada kram perut. Terjadinya migrain berkaitan dengan hormon yang mengatur siklus menstruasi yaitu estrogen dan progesteron. Menurut pedoman dari American Headache Society, menstrual migraines biasanya terjadi antara dua hari sebelum menstruasi dan tiga hari setelahnya. Bila Anda tidak dapat menahan rasa sakitnya, tidak masalah untuk mengonsumsi obat pereda nyeri.

 (Baca Juga: 5 Sosok Perempuan Paling Berpengaruh di Indonesia dan Dunia)

Sering ingin buang air besar

Sebagian besar perempuan bisa mengalami perubahan gerakan usus selama menstruasi. Hari-hari pertama menstruasi tubuh akan melepaskan prostaglandin kimia yang membuat rahim berkontraksi. Namun terkadang prostaglandin bisa menyimpang ke usus sehingga menyebabkannya juga turut berkontraksi. Kondisi itu membuat perempuan memiliki keinginan untuk buang air besar lebih sering dan meningkatkan gerakan usus.

 

(Foto: Wittyfeed)

Kenaikan berat badan

Menurut seorang ahli, lonjakan hormon progesteron pada saat menstruasi merupakan penyebab berat badan bisa naik sewaktu menstruasi. Bagi kebanyakan orang, fluktuasi atau penambahan berat badan akan hilang dalam beberapa hari setelah menstruasi terjadi.

 Ingin makanan manis

Saat menstruasi, Anda mungkin akan lebih menginginkan banyak makanan yang mengandung gula dan berlemak. Hal ini disebabkan karena selama masa menstruasi, Anda mengalami perubahan hormonal yang mengubah nafsu makan.

 (Baca Juga: Diabetes Berisiko Kematian, Begini Pencegahannya Selain Olahraga)

Olahraga menjadi lebih sulit

Tak sedikit perempuan yang memilih berolahraga untuk meredakan rasa nyeri ketika menstruasi. Namun masalahnya, terkadang menstruasi dapat membuat olahraga terasa lebih berat sehingga sulit untuk dilakukan. Biasanya tubuh akan mudah lelah dan lebih sering kehabisan napas.

Sebuah studi di 2014 menjelaskan bahwa tingginya kadar progesteron selama menstruasi menjadi jawaban dari keadaan tersebut. Maka selama mengalami menstruasi perempuan disarankan untuk melakukan olahraga yang ringan saja.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini