Hari Buku Sedunia, Ini 5 Manfaat Membaca Buku untuk Otak

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 23 April 2018 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 23 196 1890394 hari-buku-sedunia-ini-5-manfaat-membaca-buku-untuk-otak-vpJzsPKVze.jpg Ilustrasi (Foto: Zmescience)

SETIAP tanggal 23 April yang jatuh pada hari ini diperingati sebagai Hari Buku Sedunia. Sebagaimana diketahui, buku merupakan jendela dunia yang dapat menambah wawasan setiap orang. Mulai dari mengenal kata baru, budaya, peristiwa, dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah Anda bila buku juga membawa pengaruh positif terhadap otak? Melansir Lifehack, Senin (23/4/2018), berikut manfaat membaca buku:

Menstimulasi mental

Penelitian menunjukkan mental yang terus terangsang dapat memperlambat maupun mencegah penyakit Alzheimer dan demensia. Membaca buku dapat menstimulasi mental karena menjaga otak tetap aktif. Sama seperti otot-otot lain di dalam tubuh, otak membutuhkan latihan untuk membuatnya tetap kuat dan sehat.

 (Baca Juga: 5 Wanita Terkaya di Dunia Ini Punya Harta yang Bikin Melotot)

Mengurangi stres

Stres memang bisa melanda kapan saja dan di mana saja. Namun stres bisa hilang sejenak ketika seseorang fokus membaca buku karena terlalu larut dalam cerita. Dengan begitu tubuh dan otak menjadi lebih rileks.

 

Meningkatkan memori

Ketika membaca buku terutama buku cerita, Anda tentu harus mengingat berbagai macam karakter, latar belakang, ambisi, sejarah, nuansa, serta berbagai alur cerita. Hal itu secara otomatis melatih otak. Memori baru yang dibentuk dapat membuat sinaps baru (jalur otak) dan memperkuat yang sudah ada. Itulah yang membantu memori menjadi kuat dan menstabilkan suasana hati.

  (Baca Juga: Jangan Hanya Andalkan Sampo, Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Atasi Rambut Rontok)

Berpikir analitik yang lebih kuat

Membaca buku misteri atau yang berkaitan dengan pemecahan maslaah dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitik seseorang. Buku jenis itu akan membentuk pikiran kritis dan analitis dengan memperhatikan semua rincian yang disediakan. Kemampuan ini sangat berguna dalam mengkritisi dan mempertimbangkan semua aspek ketika menemukan masalah.

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Sekarang ini, di era yang serba cepat, setiap orang seakan dituntut melakukan segala sesuatu dalam satu waktu. Hal itu tentu membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Membaca buku dapat membantu karena semua perhatian akan terfokus pada cerita. Cobalah membaca buku selama 15-20 menit sebelum bekerja untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini