nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Tanpa Alasan, Ini Sebab Donat Memiliki Lubang di Bagian Tengahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 23 April 2018 20:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 23 298 1890526 bukan-tanpa-alasan-ini-sebab-donat-memiliki-lubang-di-bagian-tengahnya-4tCXdr7tA9.jpg Donat dilubangi bagian tengahnya agar matang sempurna (Foto: Timesofindia)

BAGI Anda yang menyukai makanan bercita rasa manis, tentu tidak akan bisa menolak kelezatan donat yang memiliki tekstur lembut dengan topping yang menggugah selera. Tapi bisakah Anda menebak, apa alasan para penjual roti melubangi makanan tersebut pada bagian tengahnya?

Dilansir dari Times of India, Senin (23/4/2018), lubang pada donat sebetulnya telah ditemukan sejak abad ke-19. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ide melubangi donat

Ide ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang pelaut asal Amerika pada abad ke-19. Pada awalnya, Kapten Hanson Gregory merasa tidak puas dengan hasil olahan juru masaknya yang tidak konsisten dalam menggoreng kue berbentuk bulat tersebut. Saat itulah dia menyarankan untuk melubangi bagian tengah donat, agar hidangan itu bisa matang secara sempurna.

Alasan lain

Ketika popularitas donat mulai naik daun, ternyata muncul pesain terberatnya yaitu, olahan bagel. Tren menyantap bagel ini cukup digemari oleh para penduduk New York. Menurut para analis tren makanan, para pembuat roti kemudian menciptakan ide untuk membuat lubang pada adonan donat sebelum menggorengnya. Hal ini dilakukan agar mereka dapat mendisplay donat dan bagel secara bersamaan. Pasalnya, kala itu sejumlah toko ritu menggunakan sebuah kayu untuk menjajakan produk pastry mereka di depan jendela toko.

Baca Juga: Menyamar Jadi Wanita Muda Cantik nan Jelita, Tante-Tante Porotin Berondong Miliaran Rupiah

Munculnya beragam inovasi

Menurut Nitya Sehgal, seorang ahli dalam bidang penataan makanan, "Dengan popularitas donat di pasar India yang semakin meningkat (terutama di kalangan anak-anak), para koki tertarik untuk mendesain ulang tampilan makanan bertekstur lembut itu. Mulai dari menambahkan krim keju, cokelat, teh hijau, dan masih banyak lagi,".

(Baca Juga: Setelah Nama Persib Satu Sembilan Sembilan Tiga, Kini Nama Bayi Xiomi Gemparkan Jagat Maya!)

Donat membawa inspirasi pada dunia kuliner

Pada tahun 1916, ketika Kapten Hanson Gregory mendapat ide orisinalnya untuk melubangi adonan donat, hal tersebut secara tidak langsung membuka pikiran kita bahwa betapa banyak inovasi yang dapat kita lakukan pada makanan. Anda hanya memerlukan keberanian dan ide kreatif untuk merealisasikan hal tersebut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini