nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Tidur Gaya Superman di Meja, Wanita Ini Buktinya, Tangannya Harus Dioperasi

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 23 April 2018 11:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 23 481 1890209 bahaya-tidur-gaya-superman-di-meja-wanita-ini-buktinya-tangannya-harus-dioperasi-PMJ71UIj3n.JPG

SEHARIAN terpaku dengan layar komputer untuk bekerja memang bisa membuat lelah. Maka tak heran bila banyak karyawan yang sering mencuri-curi waktu untuk beristirahat. Beberapa ada yang memilih tidur sejenak di atas meja kerja.

Pada saat tidur namun tidak ada bantal, orang mungkin akan menggunakan tangannya. Posisi itu dirasa nyaman tapi saat terbangun bisa membuat tubuh merasa sakit bahkan mati rasa. Bila dijadikan kebiasaan malah membawa dampak negatif seperti yang dialami seorang pekerja dari China bernama Zhang.

Perempuan berusia 28 tahun itu memiliki kebiasaan untuk tidur siang dengan posisi Superman di mana lengan kirinya berada di atas meja untuk dijadikan bantal. Dirinya biasa tidur dalam posisi itu selama satu jam bahkan lebih setiap harinya dan pada saat terbangun mengalami mati rasa. Tiba-tiba di suatu hari ia merasakan kesulitan untuk menggerakan lengannya tersebut.

(Baca Juga: Setelah Nama Persib Satu Sembilan Sembilan Tiga, Kini Nama Bayi Xiomi Gemparkan Jagat Maya!)

Melansir Viral4Real, Senin (23/4/2018), Zhang mulai mengalami kesulitan dalam mengambil sesuatu dengan lengan kirinya. Kemudia ia memutuskan untuk memeriksa lengannya tersebut ke dokter. Dari hasil pemeriksaan terungkap bila dirinya mengalami kerusakan saraf di lengan kirinya karena tidur dalam posisi yang sama selama berbulan-bulan.

"Setelah pemeriksaan kami menemukan bahwa saraf radial Zhang telah diblokir karena lengan kirinya mengalami tekanan dalam waktu lama," kata spesialis ortopedi.

Saraf radial bertanggung jawab untuk kontrol gerakan pergelangan tangan dan jari. Penekanan saraf radial dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan yang pada akhirnya menyebabkan mati rasa pada jari dan melemahnya pergelangan tangan.

(Baca Juga: 3 Masalah Kesehatan Ini Menjadi Alasan Avicii Meninggal Dunia, Benarkah?)

Sebenarnya kerusakan saraf radial dapat diperbaiki jika dideteksi segera. Sayangnya pada kasus Zhang kondisinya sangat parah. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan lengannya adalah menjalani operasi.

Di sisi lain, menurut ahli kesehatan, terus-menerus tidur di lengan juga dapat menyebabkan cedera pada mata, komplikasi pada sistem pencernaan, dan bahkan dapat membatasi aliran darah ke otak. Jadi bagi Anda yang memiliki kebiasaan serupa segera hindari agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

(Baca Juga: Muncul Terapi Pijat Ular yang Dipercaya Lebih Ampuh, Berani Coba?)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini