7 Suplemen yang Harus Dikonsumsi Seorang Vegetarian untuk Menjaga Fungsi Tubuh

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 23 April 2018 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 23 481 1890334 7-suplemen-yang-harus-dikonsumsi-seorang-vegetarian-untuk-menjaga-fungsi-tubuh-boldXsXOGB.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA waktu belakangan kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat mulai tumbuh di masyarakat. Kini banyak yang rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi serta seimbang. Bahkan sampai ada yang memutuskan untuk menjadi vegetarian.

Sebagaimana diketahui, menjadi seorang vegetarian atau vegan berarti menghindari konsumsi daging dan produk susu. Kebanyakan makanan yang dikonsumsi adalah vegan adalah sayuran hijau atau kacang-kacangan. Meskipun sehat, hal itu berpengaruh pada kebutuhan nutrisi seseorang. Sebab tidak semua nutrisi terkandung dalam makanan vegetarian.

Untuk menyiasati agar tubuh tidak kekurangan nutrisi, seorang vegan perlu mengonsumsi sejumlah suplemen. Melansir Independent, Senin (23/4/2018), inilah beberapa suplemen yang dibutuhkan seorang vegan :

Vitamin B12

Vitamin ini berfungsi untuk sistem saraf. Sayangnya vitamin B12 hanya ditemukan pada produk hewani seperti telur, daging, atau ikan. Maka dari itu seorang vegan harus mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin ini agar terhindar dari masalah jantung dan komplikasi selama kehamilan.

 (Baca Juga: Setelah Nama Persib Satu Sembilan Sembilan Tiga, Kini Nama Bayi Xiaomi Gemparkan Jagat Maya!)

Seng

Hanya sedikit makanan vegetarian yang mengandung seng. Maka konsumsi suplemen yang mengandung seng sangat disarankan demi meningkatkan metabolisme, produksi hormon, fungsi kekebalan tubuh serta membantu pemecahan karbohidrat.

Zat besi

Nutrisi ini banyak ditemui dalam daging yang sayangnya tidak dikonsumsi oleh seorang vegan. Padahal zat besi merupakan komponen penting di hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke dalam darah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, kelelahan, dan buruknya fungsi sistem kekebalan. Maka dari itu, konsumsi suplemen zat besi menjadi penting. Beruntung zat besi juga dapat ditemukan pada brokoli, bayam, kacang kedelai, dan tahu.

Yodium

Meskipun sering dilupakan, namun yodium berpengaruh terhadap pembuatan hormon tiroid. Yodium adalah pengatur utama metabolisme. Maka dari itu, kekurangan yodium dapat melemahkan sistem kekebalan dan menyebabkan membesarnya kelenjar tiroid.

Omega 3

Ada tiga jenis asam lemak Omega 3 yaitu asam alfa linolenat (ALA), asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). Tidak seperti nutrisi lain, jenis asam lemak ini tidak dapat dibuat di dalam tubuh dan harus diperoleh melalui diet atau suplemen. Omega 3 penting untuk kesehatan fungsi otak dan kesehatan saraf.

  (Baca Juga: 3 Masalah Kesehatan Ini Menjadi Alasan Avicii Meninggal Dunia, Benarkah?)

Vitamin D

Nutrisi ini bisa didapatkan melalui sinar matahari. Namun tentu itu saja tidak cukup. Dibutuhkan suplemen untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan fungsi sistem kekebalan.

Kalsium

Nutrisi ini banyak ditemukan pada produk susu dan keju. Kalsium adalah salah satu nutrisi yang dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan mencegah pembekuan darah. Walau begitu, kalsium bisa didapatkan juga dari kale, buah ara kering, almond, dan tahu. Tapi tidak masalah bila ingin menambahkannya dengan suplemen.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini