Tak Cuma Gaya, Pakai Kacamata Hitam Bebaskan Anda dari 5 Gangguan Penyakit Mata

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 April 2018 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 23 481 1890361 tak-cuma-gaya-pakai-kacamata-hitam-bebaskan-anda-dari-5-gangguan-penyakit-mata-mxYcmapKFF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SELAIN sebagai item fesyen yang wajib ada di tas, kacamata sangat membantu menjaga kesehatan mata. Terlebih saat sinar matahari terik, akan mengganggu kenyamanan penglihatan Anda.

Saat keluar rumah sangat disarankan agar Anda selalu menggunakan kacamata hitam supaya tetap nyaman beraktivitas. Jangan segan untuk memakainya, supaya mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.

Karena semakin teriknya sinar matahari kadar ultraviolet yang terpapar di kulit atau kena mata secara langsung, dapat menimbulkan efek samping. Lebih baik Anda menghindari agar tak membahayakan mata.

Di samping itu, banyak alasan yang membuat Anda harus menggunakan kacamata hitam saat pergi keluar rumah. Simak ulasannya lebih lanjut berikut ini, dilansir Thehealthsite, Senin (23/4/2018).

Memblok sinar ultraviolet

Anda harus selalu mencari kacamata hitam yang memberi Anda perlindungan 100% UVA dan UVB. Kacamata tersebut memberikan perlindungan penuh untuk mata Anda dari paparan sinar ultraviolet matahari. Saat Anda memakainya, tentu membuat mata nyaman dan bebas silau yang mengganggu penglihatan.

 (Baca Juga: 5 Wanita Terkaya di Dunia Ini Punya Harta yang Bikin Melotot)

Melindungi dari infeksi mata

Mengenakan kacamata berkualitas baik atau kacamata hitam di luar, dapat melindungi mata Anda dari kuman dan bakteri dari atmosfer. Cara ini tentu dapat membuat mata Anda terbebas dari infeksi bakteri, jamur, dan virus berbahaya. Di samping itu, Anda juga harus merawat kebersihan kacamata kesayangan supaya tetap aman digunakan.

 

(Foto: Shutterstock)

Mencegah glaukoma

Penyakit glaukoma sangat rentan dialami seseorang, yang sering beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa mengembangkan sindrom pengelupasan kulit, yang menyebabkan glaukoma. Kondisinya yakni membuat sudut mata sekunder terbuka, serta dapat menyebabkan peningkatan risiko katarak. Makanya, Anda diwajibkan untuk menggunakan kacamata yang sangat nyaman.

  (Baca Juga: Bahaya Tidur Gaya Superman di Meja, Wanita Ini Buktinya, Tangannya Harus Dioperasi)

Menghindari sakit kepala dan migrain

Studi telah menunjukkan bahwa lensa gelap efektif dalam memberantas cahaya yang memicu rasa sakit kepala. Dengan begitu, kacamata hitam mengurangi ketegangan pada mata. Anda pun terbebas dari risiko sakit kepala menyakitkan, akibat paparan sinar ultraviolet yang tinggi.

Mengemudi jadi aman

Saat mengemudi di siang hari, tak pelak mata Anda terpapar sinar ultraviolet dari teriknya matahari. Maka gunakanlah kacamata hitam, yang pasti bisa membantu Anda lebih nyaman berkendara. Tentu agar tidak mengganggu penglihatan, Anda bisa memilih kacamata dengan warna lensa yang tidak terlalu gelap, tapi bisa melawan paparan sinar ultraviolet.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini