nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Buah dan Sayuran Mentah dapat Meningkatkan Kesehatan Mental? Ini Penjelasan Ahli

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 25 April 2018 05:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 24 481 1890910 benarkah-buah-dan-sayuran-mentah-dapat-meningkatkan-kesehatan-mental-ini-penjelasan-ahli-oqyI9cRjuk.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

MENGONSUMSI buah dan sayuran segar seperti kiwi, pisang, apel, wortel, mentimun, dan daun-daunan berwarna hijau dipercaya dapat mengurangi tingkat depresi dan menjaga kesehatan mental. Para ahli bahkan mengatakan, bahwa makanan tersebut lebih menyehatkan dibanding makanan yang telah melalui proses pengolahan atau makanan kalengan.

Temuan menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran mentah sangat erat kaitannya dalam mengurangi gejala penyakit mental, seperti stres dan depresi. Kedua jenis makanan ini dipercaya dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan psikologis, termasuk membuat suasana hati menjadi lebih positif dan nyaman.

 (Baca Juga: Bermahkotakan Siger Sunda, Aura Kecantikan 4 Selebriti Ini Terpancar saat Jadi Pengantin)

“Penelitian kami telah menyoroti bahwa konsumsi buah dan sayuran yang “tidak dimodifikasi atau tidak diolah” sangat ampuh menjaga kesehatan mental menjadi lebih baik, dibandingkan dengan buah dan sayuran yang dimasak/diproses/dikalengkan,” kata ketua penelitian Tamlin Conner yang juga merupakan seorang dosen senior di University of Ontago di Dunedin, New Zealand.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketika buah-buahan dan sayuran dimasak, diproses, atau dikalengkan, mereka akan kehilangan manfaat kesehatannya karena proses tersebut berpotensi mengurangi tingkat gizi.

“Memasak dan memproses bahan makanan mengurangi kandungan nutrisi, sehingga fungsinya pun tidak akan optimal,” kata Conner pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontier in Psycology. Penelitiannya itu melibatkan 400 anak muda berusia antara 18 – 25 tahun di New Zealand.

  (Baca Juga: Identifikasi Penyakit dengan Cara Menjumlahkan Tanggal Kelahiran, Ketahui Nomor Anda!)

Conner mengatakan, kampanye kesehatan masyarakat secara historis berfokus pada aspek kuantitas untuk konsumsi buah dan sayuran seperti 5 potong buah perhari. Namun studi baru menemukan bahwa untuk menjaga kesehatan mental, sangat penting untuk mempertimbangkan cara pengolahannya.

“Penelitian ini semakin penting sebagai pendekatan gaya hidup seperti perubahan pola makan atau diet yang kini banyak digandrungi berbagai kalangan. Mereka harus tahu betul bahwa ada makanan-makanan khusus yang dapat meningkatkan kesehatan mental,” tutup Conner, seperti dilansir dari Times of India, Rabu (25/4/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini