nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Efektifkah Melapisi Permukaan Toilet Umum dengan Tisu Sebelum Digunakan?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 25 April 2018 06:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 24 481 1890971 efektifkah-melapisi-permukaan-toilet-umum-dengan-tisu-sebelum-digunakan-oMj8WBh4ez.jpg Ilustrasi (Foto: Leverage)

BANYAK orang yang merasa enggan untuk buang air di toilet umum jika tidak dalam kondisi kepepet. Alasannya apalagi jika bukan merasa 'jijik' karena tidak bisa dipungkiri bila toilet umum jarang terjaga kebersihannya. Padahal toilet adalah sarang bakteri yang bisa menginfeksi tubuh.

Berdasarkan hal tersebut, maka seharusnya toilet harus rutin dibersihkan. Bila tidak, bisa dibayangkan sebanyak apa bakteri yang bersarang di sana dan kondisi ini sering terjadi di toilet umum yang jarang dibersihkan. Masalah lainnya adalah orang yang masuk ke toilet umum terdiri dari beragam tipe dan tidak terkontrol. Tidak semuanya memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan.

Beberapa orang yang terpaksa ke toilet umum biasanya memiliki kiat-kiat tersendiri untuk menghindari bakteri seperti menggunakan kertas pelapis dudukan toilet atau tisu. Namun efektifkah hal tersebut?

 (Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus)

Menurut dokter spesialis mikrobiologi klinis, dr Wani Devita Gunardi, SpMK, ternyata hal itu tidak berpengaruh sama sekali.

 

"Toiletnya 'kan tetap saja sudah terpapar bakteri, tidak tahu letaknya di mana. Walaupun dilapisi tisu tetap saja bisa menempel ke tubuh dan menyebabkan infeksi. Tapi kalau dilap dengan cairan antiseptik bisa membunuh bakteri," tuturnya saat ditemui dalam sebuah acara Senin, 23 April di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

Masalahnya tidak semua toilet dilengkapi dengan fasilitas cairan antiseptik. Lantas bagaimana yang harus dilakukan?

  (Baca Juga: Bermahkotakan Siger Sunda, Aura Kecantikan 4 Selebriti Ini Terpancar saat Jadi Pengantin)

"Idealnya kita bawa cairan antiseptik ke mana-mana, jadi sebelum dipakai kita bisa mengoleskan cairannya ke toilet. Atau kalau bisa usahakan jangan sampai kulit menyentuh permukaan toilet. Entah bagaimana caranya mungkin bisa dengan jurus meringankan tubuh," tambah dr Wani sambil setengah bercanda.

Sementara itu, untuk meminimalisir terinfeksi bakteri, jangan lupa mencuci tangan sehabis dari toilet. Cuci tangan pun harus dengan cara yang benar kira-kira 10-20 detik dengan menggosok permukaan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, kuku, serta ibu jari. Mencuci tangan juga sebaiknya dilakukan sebelum makan, sehabis beraktivitas di luar ruangan, setelah bersin, dan setelah memegang binatang peliharaan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini