nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Sangka 6 Hal Besar dan Terkenal Ini Hanya Berawal dari Mimpi saat Tidur

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 25 April 2018 17:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 25 196 1891333 siapa-sangka-6-hal-besar-dan-terkenal-ini-hanya-berawal-dari-mimpi-saat-tidur-4IczDLNWC8.jpg Beberapa bagian dalam film Avatar berawal dari mimpi (Foto: Movieweb)

MIMPI biasanya diabaikan oleh orang yang baru saja mengalaminya. Meskipun banyak orang yang menganggapnya sebagai bunga tidur semata, namun beberapa di antaranya dapat mewujudkan mimpi yang telah dialami.

Benda-benda yang saat ini kita gunakan, beberapa di antaranya merupakan hasil perwujudan dari mimpi seseorang. Lantas, benda-benda apa sajakah yang tercipta dari mimpi itu? Melansir dari laman Wonderslist, Rabu (25/4/2018), berikut penemuan terkenal yang terinspirasi oleh mimpi dan pernah Anda gunakan.

1. Mesin jahit otomatis

 

Insinyur Amerika abad ke-19, Elias Howe, mendapatkan idenya untuk mesin jahit otomatis pertama di dunia dari mimpi. Dia telah mencoba mendesain mesin lock-stitch dan usahanya tidak berhasil. Bingung mengapa usahanya gagal, dia pun pergi tidur dan mimpi buruk diserang oleh orang-orang suku dengan tombak.

 (Baca Juga: Soal Karier hingga Perasaan, Ini 7 Arti Mimpi yang Mungkin Anda Alami)

Dari setiap tombak dilemparkan padanya, dia melihat ada lubang berbentuk mata di ujungnya. Dia pun menyadari kesalahannya. Dia akhirnya menempatkan lubang di tengah jarum otomatis, mengubah desain untuk mencerminkan impiannya, menempatkan lubang di ujungnya sebagai gantinya, dan mematenkan desainnya pada 10 September 1846, tepat dua tahun setelah mimpinya.

2. Cincin Benzena komponen bensin

 

Friedrich August Kekule, seorang kimiawan Jerman yang menemukan cincin benzena, yang sangat penting dalam industri petrokimia.

Penemuannya bermula ketika Friedrich sedang menulis buku teks kimia tetapi karena frustrasi itu tidak berjalan dengan baik. Dia bermimpi, dalam mimpinya dia melihat atom berputar dengan cara seperti ular. Salah satu atom kemudian meraih 'ekor' dan berputar. Ketika dia bangun, dia menuliskan teorinya tentang cincin benzena.

Benzena digunakan pertama sebagai pelarut industri dan de-greaser, diikuti oleh solusi 'anti-ketukan' dalam bahan bakar (sebelum tahun 1920-an, bensin sering mengalami prematur pembakaran). Penambahannya untuk bahan bakar membuat mengemudi lebih aman dan menyebabkan meluasnya penggunaan mobil.

Benzena merupakan komponen bensin, meskipun Badan Perlindungan Lingkungan telah membatasi konsentrasinya dalam bahan bakar karena kemampuannya yang tidak menguntungkan untuk menginduksi leukemia.

  (Baca Juga: Bikin Baper, 5 Seleb Cantik Ini Menikah dengan Penggemarnya!)

3. Tabel periodik

 

Tabel periodik dibuat oleh Dimitri Mendeleev, seorang ahli kimia Rusia, yang dilaporkan memperoleh ide tersebut dari mimpi. Dia telah menulis sebuah teks dan mencoba mengklasifikasikan semua elemen, dan berjuang untuk melakukannya.

Setelah tiga hari dan setiap malam bekerja di mejanya tanpa tidur, dia menyerah dan membiarkan dirinya beristirahat. Begitu dia terlelap, jawabannya menjadi jelas. Dia mengatakan:

"Saya melihat dalam mimpi, di meja semua elemen jatuh pada tempatnya sebagaimana diperlukan. Saat terbangun, saya langsung menuliskannya di selembar kertas, hanya di satu tempat saja dan koreksi kelihatannya perlu".

Kutipan menarik tentang bermimpi ini telah ditulis dalam dua buku psikologi tahun 1960 dan dirujuk dalam pelajaran sains hari ini.

Tabel periodik penting karena jika zat baru ditemukan di masa depan, mereka dapat dibandingkan dengan zat pada tabel periodik untuk membantu para ilmuwan mengklasifikasikannya.

4. Buku kenangan Jack Kerouac

 

Jack Kerouac menulis novelnya, 'Book of Dreams ' sepenuhnya dari mimpinya sendiri. Ketika setengah sadar, dia mulai mencoret apa yang ada dipikiran dan penglihatannya, hampir tidak sadar apa yang sedang dilakukannya, dalam keadaan itu. Book of Dreams adalah satu-satunya novel yang seluruhnya terdiri dari mimpi.

5. Psikoanalisis Freud

 

Sigmund Freud, seorang psikolog Yahudi, mendirikan psikoanalisis setelah mempelajari mimpi dan impiannya sendiri. Dia menemukan dalam mimpinya, dia dapat memasuki pikirannya yang terdalam dan sering tidak disadari dengan memperhatikan mimpi atau gambar yang disulap ketika dalam keadaan santai. Dia akan berbaring dan rileks, membiarkan pikiran atau gambaran apa pun muncul di benaknya dan kemudian menuliskannya sesudahnya untuk menyelidiki motif atau keinginannya yang sesungguhnya. Bukunya, The Interpretation of Dreams, diterbitkan pada 1899, membuatnya mendapat pengakuan internasional. Ini adalah pertama kalinya prinsip ilmiah diterapkan pada subjek mimpi.

6. Avatar the movie

 

Sutradara film terkenal di dunia, James Cameron, mengatakan kepada pers pencitraan akar magis dalam filmnya, ' Avatar', berasal dari mimpi-mimpi berulang yang ia alami. Di dalam mimpinya ada seorang mahasiswa di perguruan tinggi, dari hutan bercahaya terang. Banyak film Hollywood-nya yang juga berasal dari mimpi. Terminator berasal dari mimpi buruk dari sosok tipe 'suram' dan bahkan beberapa adegan dari film Titanic 1997 berasal dari gambaran yang terlihat di dalam tidurnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini