nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 6 Fakta Soal Cokelat, Salah Satunya Pernah Jadi Mata Uang

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 07:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 25 298 1891482 ini-6-fakta-soal-cokelat-salah-satunya-pernah-jadi-mata-uang-agv3moq2O6.jpg Cokelat (Foto: Goodhousekeeping)

SIAPA sih yang tidak menyukai cokelat? Baik sebagai kudapan ringan atau olahan berbagai sajian makanan dan minuman. Rasanya cukup sulit menemukan pribadi yang benci dengan cokelat bukan?

Well, cokelat sendiri memang kerap dijadikan comfort food oleh banyak orang. Mungkin Anda pun termasuk di dalamnya. Namun seberapa tahukah kita soal cokelat ini? Tahukah Anda bahwa cokelat juga menyimpan berbagai fakta menarik? Penasaran kan? Biar tidak penasaran, berikut ulasan fakta-fakta menarik perihal cokelat:

 

1. Cokelat adalah sayuran

Cokelat adalah produk yang dihasilkan oleh biji kakao yang tumbuh di tanaman tropis pohon kakao. Pohon kakao ini disebutkan masih termasuk di dalam keluarga Malvaceae, yang mana anggota keluarganya salah satunya adalah okra dan kapas. Sehingga disebutkan bisa dibilang secara tidak langsung cokelat adalah sayuran.

 (Baca Juga: Paus Fransiskus Bagi-Bagi 3000 Es Krim Gratis di Roma, untuk Apa?)

2. Cokelat putih ternyata bukan cokelat

Salah satu komponen utama dari setiap cokelat adalah kakao atau cocoa. Nah white chocolate sendiri dibuat dengan menggunakan krim atau produk olahan susu lainnya dan gula, serta mengandung kurang dari 10 persen chocolate liqueur.

3. Cokelat bukan untuk dikonsumsi oleh binatang peliharaan

Cokelat dan produk kokoa dikatakan bisa membahayakan bagi hewan peliharaan, karena mengandung komponen racun bernama theobromine, yang mana komponen ini membutuhkan waktu lama untuk dicerna sistem metabolisme pada hewan yang akhirnya bisa membuat toksisitas, berbeda dengan manusia yang jauh lebih gampang mencernanya di dalam sistem metabolisme.

4. Biji kakao sebagai mata uang

Tahukah bahwa pada suatu masa, biji kakao sangat disukai oleh suku Aztecs sehingga dianggap sebagai sesuatu yang sangat bernilai sampai-sampai akhirnya digunakan sebagai mata uang di masa peradaban.

  (Baca Juga: Make-up Flawless ala Amanda Rawles, Gampang Banget Step-nya!)

5. Pohon kakao hidup ratusan tahun

Pohon kakao, yang mana termasuk dalam kategori tropical dikatakan bisa tumbuh hingga 200 tahun lamanya loh! Namun menariknya, dengan usia hidup yang sangat lama ini pohon kakao memproduksi biji kakao hanya selama 25 tahun di masa tumbuhnya.

6. Cokelat batang pertama

Cokelat batang yang sekarang bisa dinikmati dengan mudah dan di mana-mana ini, ternyata baru hadir dibuat pada 1842, oleh sebuah perusahaan cokelat terkenal. Demikian seperti dilansir Ndtv, Kamis(26/4/2018).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini