Ibu Hamil Rasakan Panas di Ulu Hati, Begini Cara Mengatasinya!

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 25 481 1891433 ibu-hamil-rasakan-panas-di-ulu-hati-begini-cara-mengatasinya-HbUrILfs3D.jpg Ilustrasi (Foto: Parentinghub)

BANYAK hal yang bisa terjadi pada saat masa kehamilan. Salah satunya adalah heartburn atau rasa panas di ulu hati maupun dada. Kondisi ini hampir mirip dengan tanda-tanda sakit maag yang kambuh.

Menurut data 8 dari 10 perempuan memiliki kemungkinan mengalami heartburn di beberapa titik, mulai dari bagian bawah tulang dada hingga tenggorokan bagian bawah, selama kehamilan. Bagi beberapa orang, kondisi ini mungkin baru pertama kali dialami dan membuat panik. Akan tetapi pada dasarnya heartburn tidak berbahaya hanya menyebabkan rasa tidak nyaman dan menyakitkan.

Heartburn terjadi karena asam dari perut naik melalui kerongkongan sehingga meninggalkan rasa pahit di mulut. Kondisi ini bisa disebabkan oleh perubahan hormonal dan fisik di tubuh. Terlebih selama kehamilan tubuh mengalami peningkatan hormon progesteron yang mengendurkan otot polos d rahim. Gejala heartburn antara lain mulas, refluks asam, dan mengalami stres.

Heartburn umum terjadi pada pertengahan hingga akhir kehamilan. Pemicu utamanya adalah makan, berbaring, dan membungkuk. Untuk meredakan kondisi ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Mirror, Kamis (26/4/2018):

Pilih makanan dan minuman yang mudah dicerna

Saat mengalami heartburn, hindari makanan tinggi lemak dan pedas, cokelat, jeruk, alkohol, serta kopi. Sebaliknya pilihlah makanan dan minuman yang mudah dicerna seperti sup, bubur, atau air putih.

Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus

Makan sedikit dan sering

Selama heartburn, ibu hamil mungkin merasa tidak nafsu makan. Namun kondisi ini harus dilawan dengan tetap makan karena janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi.

(Foto: Shutterstock)

Hindari posisi tertentu

Membungkuk dan menyender dengan posusi agak merosot bisa membuat heartburn menjadi lebih buruk atau memicunya. Jadi lebih baik pilih posisi lain yang membuat nyaman.

(Baca Juga: Tahi Lalat Berpotensi Jadi Kanker, Kenali Ciri-cirinya!)

Beri bantal tambahan

Apabila heartburn muncul pada saat sebelum tidur, tambahlah beberapa bantal untuk memberi kenyamanan. Selain itu, bantal juga membantu menjaga asam untuk turun. Usahakan untuk tidak makan atau minum selain air tiga jam sebelum tidur.

Konsumsi obat tertentu

Selama hamil, perempuan memang tidak disarankan untuk mengonsumsi obat. Namun obat seperti antasid atau alginat dapat meredakan heartburn. Tapi tentu ibu hamil harus berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan.

Berhenti merokok

Bagi ibu hamil yang merokok, hentikan kebiasaan tersebut. Berhenti merokok juga membantu melemaskan katup antara perut dan kerongkongan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini