Ingin Punya Jantung Sehat? Rajinlah Konsumsi Almond

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 26 April 2018 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 26 298 1891756 ingin-punya-jantung-sehat-rajinlah-konsumsi-almond-gW6xxphS0D.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Masalah jantung telah mendapat perhatian serius, setelah banyak selebritis yang meninggal secara mendadak. Yang menyedihkan, jantung bukan lagi penyakit lansia karena banyak anak muda yang juga mengalami masalah ini.

Tentu, ada faktor-faktor tertentu yang menjadi pemicunya. Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Baca Juga: Semasa Hidupnya, DJ Avicii Pernah Akui Andalkan Alkohol dan Makanan Bandara Gratis

Seperti dilansir Times Of India, Dr Soumik Kalita mengatakan orang India memiliki risiko lebih tinggi atas penyakit jantung. Ini karena susunan genetik mereka dan ini telah didokumentasikan dalam beberapa studi epidemiologi. Hal itu diungkap pada laporannya yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients tentang nutrisi India dan kesehatan jantung.

"Banyak penelitian telah dilakukan untuk memahami peran yang dapat dimainkan almond dalam pencegahan penyakit jantung. Karena ini adalah fakta yang sudah terbukti bahwa kacang almond memainkan peran penting, kami memutuskan untuk melakukan penelitian sekunder dan mempelajari lebih dari 1500 penelitian,” kata Dr Kalita.

Hasilnya, almond membantu mengendalikan dislipidemia, suatu kondisi peningkatan kolesterol dalam darah, tanpa menurunkan kolesterol HDL (baik).

"Saat ini, pengobatan untuk penyakit jantung bersifat terapeutik. Pasien biasanya diberikan obat-obatan dan statin yang membantu menurunkan tingkat kolesterol LDL (buruk). Namun, masalahnya adalah obat-obatan tidak tahu bagaimana membedakan antara LDL dan LDL. HDL. Jadi, ketika mereka mengurangi kolesterol jahat, mereka juga akhirnya mengurangi kolesterol HDL yang baik," terang dia.

Ilustrasi, Shutterstock 

Dr Kalita pun merekomendasikan konsumsi almond sebanyak 45 gram atau sekitar 34 hingga 35 biji, jika ingin melindungi jantung.

Baca Juga: Mengenal Desa Leluhur Jokowi, Konon Katanya di Sana Tersimpan Harta Karun

"Kurangnya penelitian tentang hal ini dan sulit untuk mengatakan apakah Anda harus makan kacang almond yang direndam atau kacang almond normal. Namun, saya akan mengatakan makan kacang yang tidak direndam karena kulit almond mengandung banyak vitamin E," jelasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini