nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ramadan Segera Tiba, Ini Persiapan yang Perlu Anda Perhatikan

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 27 April 2018 14:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 27 196 1892037 ramadan-segera-tiba-ini-persiapan-yang-perlu-anda-perhatikan-ZXFEwTQci4.jpg (Foto: Boston)

JAKARTA - Awal Ramadan diperkirakan jatuh pada pertengahan Mei. Hal ini berarti tinggal beberapa pekan ke depan hingga umat Islam di seluruh dunia menyambut bulan suci tersebut.

Sebelum datang bulan yang dinanti-nantikan tersebut, ada baiknya Anda mempersiapkan diri mulai dari persiapan fisik hingga menjaga kebersihan rumah. Diambil dari berbagai sumber, ini persiapan yang perlu Anda perhatikan jelang Ramadan 2018.

Jaga Kesehatan

Menjalani ibadah puasa akan lebih mudah bila tubuh dalam kondisi sehat. Untuk itu, persiapkan fisik Anda agar tidak sakit ketika menghadapi puasa di bulan Ramadan.

 

(Foto: Reuters)

Beberapa hal yang bisa Anda perhatikan seperti mengonsumsi makanan sehat, sayur, buah dan minum air putih yang cukup. Bila perlu konsumsi suplemen serta multivitamin agar tubuh tidak loyo saat menjalani ibadah puasa.

Baca juga: Kisah Cinta Mendatangkan Hidayah, Alasan Wanita Ini Jadi Mualaf Bikin Baper

Olahraga

Olahraga menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu luang sembari menjaga tubuh agar tetap bugar. Dengan berolahraga, diharapkan metabolisme tubuh menjadi lancar, sehingga penyerapan dan distribusi nutrisi pada tubuh menjadi lebih efisien.


(Foto: Reuters)

Baca juga: Tubuh Gembrotnya Jadi Olokan, Pria Ini Sukses Turunkan Berat Badan hingga 80 Kg dalam 3 Tahun

Jaga Kebersihan Rumah

Jelang Ramadan, Anda bisa membersihkan rumah guna menghilangkan debu-debu, mulai dari mengepel, hingga mencuci gorden. Hal ini dilakukan guna memastikan lingkungan bersih yang membuat kondisi kesehatan Anda bisa semakin terlindungi.

Dengan membersihkan rumah sebelum Ramadan, maka Anda bisa lebih fokus dalam menjalani ibadah puasa. Diharapkan dengan membersihkan rumah bisa meminimalisir risiko buruk dari berbagai penyakit yang mungkin bisa muncul.

Konsultasi Dokter

Bila Anda tengah menjalani perawatan kesehatan tubuh atau dalam masa pengobatan, maka konsultasikan diri Anda ke dokter sebelum puasa. Apabila dokter menyarankan Anda untuk boleh tetap berpuasa, maka Anda bisa tetap berpuasa.

Berkonsultasilah dengan dokter mengenai efek samping obat yang Anda konsumsi selama menjalankan ibadah puasa.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini