nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Memotret Hewan Peliharaan agar Hasilnya Ciamik

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 27 April 2018 16:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 27 196 1892105 cara-mudah-memotret-hewan-peliharaan-agar-hasilnya-ciamik-in7Amh2SMk.jpg Kucing (Foto: Pet Photography)

MEMOTRET hewan peliharaan menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan seseorang di waktu senggang. Namun, sebagian besar foto yang dihasilkan kurang pas dengan keinginan awal, entah itu blur atau posisi hewan peliharaan tidak ideal.

Kini Anda tidak perlu khawatir. Fotografer khusus hewan, Nicholas Lee, berbagi tips dan trik bagaimana Anda dapat meningkatkan hasil jepretan hewan kesayangan di rumah bermodalkan telefon seluler (ponsel), dinukil dari Channel News Asia, Jumat (27/4/2018):

Baca juga: Gemesin Banget! Bukan hanya Manusia, Kucing Juga Ternyata Bisa Ngigo, Lho

1. Posisikan diri anda sejajar dengan hewan

Kucing (Pet Photography)

Tanpa sadar kita sering berdiri atau dalam posisi yang lebih tinggi dari hewan peliharaan. Ada baiknya sedikit mencoba untuk melihat mereka dari posisi yang sejajar. Ketika hewan diperlakukan sejajar dalam perspektif sudut pandang, maka gambar yang dihasilkan akan lebih baik.

2. Berada lebih dekat

Kucing (Pet Photography)

Hewan peliharaan sebagai objek tentu diharapkan akan lebih mendominasi layar. Cara ini dapat mencegah terjadinya distraksi di latar belakang foto sehingga perhatian akan lebih terfokus ke hewan peliharaan. Tetap beri sedikit jarak agar mereka tidak merasa takut atau terancam dengan kamera ponsel.

Baca juga: Seorang Kakek Bertopang Dagu Menonton Cucunya Makan di Restoran, Foto-Fotonya Viral!

3. Fokus pada mata

Anjing (Pet Photography)

Mata seekor hewan peliharaan biasanya menjadi hal pertama yang dilihat dari gambar. Sangat penting untuk memastikan agar ekspresi menggemaskan hewan peliharaan yang terpancar lewat mata dapat dijepret dengan sempurna.

4. Alihkan perhatiannya dengan benda lain

Anjing (Pet Photography)

Untuk mendapatkan kontak mata terbaik, ada baiknya mencari tahu benda apa yang paling menarik perhatian hewan peliharaan masing-masing. Biasanya, mainan atau lambaian tangan sudah cukup untuk menarik perhatiannya.

5. Gunakan pencahayaan alami

Anjing (Pet Photography)

Menggunakan lampu flash sangat tidak disarankan karena dapat memberi efek jelek pada foto terutama jika terfokus pada mata. Karena itu, bawalah hewan peliharaan keluar rumah dan manfaatkan pencahayaan alami.

Selanjutnya, perhatikan arah pencahayaan. Sangat dianjurkan untuk mengambil foto dengan pencahayaan yang datang dari belakang atau samping Anda. Jika posisi hewan kesayangan berpotensi menghasilkan gambar backlight, silakan aktifkan mode resolusi tinggi atau HDR.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini