nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar dari Pengalaman, Begini Cara Mona Ratuliu Cegah Keluarga Terkena Anemia

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 27 April 2018 12:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 27 481 1892027 belajar-dari-pengalaman-begini-cara-mona-ratuliu-cegah-keluarga-terkena-anemia-oX7gjaV0LH.jpg Mona Ratuliu (Foto: Tiara/Okezone)

KEKURANGAN jumlah sel darah merah atau anemia rentan terjadi pada remaja putri, perempuan di usia subur, dan ibu hamil. Alasannya karena remaja putri dan perempuan usia subur masih mengalami menstruasi setiap bulan. Sedangkan ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk kebutuhan dirinya sendiri dan janin dalam kandungan.

Anemia adalah masalah besar yang tidak terlihat maka diperlukan tingkat perhatian yang lebih tinggi untuk mencegah penyakit ini. Bahaya akan anemia juga disadari oleh artis sekaligus presenter Mona Ratuliu. Sebagai seorang perempuan dan ibu, dirinya sadar betul untuk menjaga jumlah darah sendiri dan keluarga.

"Kalau kurang darah berpengaruh terhadap produktivitas sementara kerja juga di rumah, mesti ngurusin anak. 'Kan kita ngurusin anak juga butuh energi, kalau enggak nanti jadi marah-marah terus kerja juga enggak beres," ucapnya saat ditemui dalam sebuah acara kemarin, Kamis 26 April 2018 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sebelumnya ibu tiga anak itu memang pernah mengalami anemia sehingga ia tidak ingin anggota keluarganya mengalami hal yang sama. "Gejala sebelumnya yang aku rasakan lemah, letih, lesu. Aku pikir cuma gejala kecapekan saja ternyata gejala anemia. Terus aku membenahi gaya hidup dan minum tablet penambah darah juga, akhirnya anemia bisa teratasi produktivitas jadi lebih baik," jelas Mona.

Baca Juga: Kisah Cinta Mendatangkan Hidayah, Alasan Wanita Ini Jadi Mualaf Bikin Baper

Dirinya kemudian mulai memperbaiki pola makan dengan menambah asupan protein untuk menjaga kadar zat besi. Selain itu ia juga menghentikan kebiasaan minum teh sambil makan karena bisa menghambat penyerapan zat besi. Tak lupa istri dari Indra Brasco itu melakukan olahraga rutin.

"Dulu aku emang susah untuk olahraga, bukannya males juga karena waktunya enggak ada. Kalau sekarang olahraga bisa di rumah ada aplikasi yang membimbing, terus aku juga kadang-kadang yoga, pilates. Jadi ya walaupun misalnya olahraganya enggak heboh tapi kalau teratur ternyata bisa nolongin juga mengatasi anemia," tambahnya.

(Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus)

Informasi terkait anemia ia bagikan juga kepada keluarganya terutama anak perempuamnya, Mima yang beranjak remaja. "Ibu (adalah) sumber informasi keluarga, sumber kesehatan keluarga juga. Ketika informasi kesehatan sampai ke ibu, misalnya aku, sampai rumah aku langsung menyampaikan ke suami, ke anak juga. Kalau anakku yang paling besar, perempuan umur 14 tahun sudah menstruasi jadi informasi tentang anemia penting juga," tuturnya.

Dijelaskan oleh Mona, bila sang anak sekarang ini selalu rutin meminum tablet penambah darah ketika menstruasi. "Walaupun sebenarnya diminum rutin tapi dia tahu, terutama yang paling penting banget waktu menstruasi. Jadi aku sudah enggak perlu paksa dia minum tablet penambah darah karena infomasi yang diberikan lengkap, kaya bahayanya, apa yang bisa terjadi," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini