Suka Minum Teh saat Perut Kosong? Setop Mulai Sekarang Jika Ingin Sehat!

Agregasi Solopos, Jurnalis · Jum'at 27 April 2018 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 27 481 1892247 suka-minum-teh-saat-perut-kosong-setop-mulai-sekarang-jika-ingin-sehat-olZjbDwvYQ.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Minum teh di pagi hari adalah kebiasaan umum yang dilakukan banyak orang. Bahkan, bisa dibilang hal ini menjadi ritual wajib. Sejumlah orang meyakini teh dapat meningkatkan konsentrasi dan stamina.

Teh memang memiliki segudang khasiat yang baik bagi kesehatan. Teh mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dan metabolisme tubuh. Tapi, jika diminum saat perut kosong, kandungan kafein dalam teh dapat memicu sejumlah masalah bagi bagi tubuh, mulai dari sembelit, peningkatan asam lambung, hingga munculnya rasa gelisah.

Baca Juga: Ilmuan ITB Ubah Bungkus Plastik Mi Instan Jadi Bahan Bakar Minyak
 

Apa saja gangguan kesehatan yang timbul akibat mengonsumsi teh saat perut kosong? Simak informasinya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com di bawah ini:

Gelisah

Ilustrasi, Shutterstock

Minum teh saat perut kosong dapat memicu kegelisahan. Anda akan mengalami gangguan tidur di malam hari akibat perasaan gelisah yang timbul. Selain itu, kandungan kafein di dalam teh juga membuat Anda tetap waspada. Tak ayal, seseorang akan mengalami insomnia jika nekat mengonsumsi teh sebelum tidur.

Gangguan metabolisme

Kebiasaan minum teh saat perut kosong memicu gangguan metabolisme. Kandungan zat asam di dalam teh memicu ketidakseimbangan hormon. Alhasil, hal ini akan mengganggu aktivitas metabolisme tubuh.

Dehidrasi

Minum teh saat bangun tidur juga menyebabkan dehidrasi. Sebab, kafein yang terkandung di dalam teh bersifat diuretik. Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi teh langsung setelah bangun tidur. Akan lebih baik jik Anda minum air putih terlebih dahulu dan memakan roti atau nasi saat sarapan.

Kembung

Ilustrasi, Shutterstock

Banyak orang merasa kembung setelah minum teh saat perut kosong, apalagi jika dicampur teh. Hal ini terjadi karena kandungan laktosa dan kafein dalam susu serta teh dapat memengaruhi usus yang menyebabkan kembung. Dalam kondisi terburuk, Anda bisa mengalami gangguan pencernaan akibat minum teh saat perut belum terisi makanan lain.


Baca Juga: Terlalu Baik di Tempat Kerja Bisa Bikin Sial, Kok Bisa?
 

Nah, itulah tiga risiko yang timbul jika meminum teh saat perut kosong. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami masalah ini, sebaiknya minumlah teh saat perut sudah terisi, misalnya setelah sarapan. Selain itu, perhatikan jumlah gula yang Anda masukkan di dalam teh tersebut. Jangan sampai terlalu manis karena akan meningkatkan hormon insulin di dalam tubuh yang memicu beragam masalah kesehatan lain dalam tubuh.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini