Tips Buat Bolu dan Cake Anti Bantat, Dijamin Tidak Mekar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 28 April 2018 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 28 298 1892366 tips-buat-bolu-dan-cake-anti-bantat-dijamin-tidak-mekar-ONjSroUpOD.jpg Tips membuat bolu anti mekar dan bantat (Foto: Bettycrocker)

BANYAK orang yang mengatakan bahwa membuat cake atau bolu lebih mudah daripada memasak makanan harian. Cukup buat adonan kue, tuang di atas loyang, lalu panggang hingga warnanya berubah kecokelatan.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar rasa dan tekstur akhir kue menjadi sempurna. Dikutip dari buku Koleksi Resep Cake Populer: Bolu, Kue Kering, & Roti, karya R. Adie Wibowo, Sabtu (28/4/2018), berikut Okezone rangkumkan 9 tips antigagal membuat olahan cake dan bolu. Salah satunya, perhatikan

1. Sebelum mengocok adonan, pastikan mikser dan kom adonan dalam keadaan kering tanpa air yang menempel. Air menyebabkan kocokan telur tidak mengembang.

2. Jika Anda menggunakan metode kocokan telur yang dikocok dengan margarin/mentega, lakukan penambahan telur satu per satu. Menambah telur sekaligus dalam jumlah banyak menyebabkan kocokan telur tidak mengembang.

Baca Juga: Kisah Cinta Mendatangkan Hidayah, Alasan Wanita Ini Jadi Mualaf Bikin Baper

(Foto: Bettycroker)

3. Gunakan gula kastor atau gula halus agar gula mudah larut dan tercampur dengan baik.

4. Sebaiknya semua bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, cokelat bubuk, dan baking powder diayak dan dicampur menjadi satu sebelum dimasukkan ke dalam adonan.

5. Masukkan margarin/mentega cair untuk cake pada tahap akhir. Sifat lemak yang berat akan membuatnya mengendap jika dicampur dari awal sehingga lemak tidak tercampur dengan baik, dan membuat adonan turun dan cake tidak akan mengembang dengan sempurna saat dipanggang. Mencampur margarin sebaiknya menggunakan spatula bukan mikser, karena mengaduk dengan mikser setelah margarin masuk bisa menyebabkan adonan cake turun.

(Baca Juga: Pramugari Cantik Asal Taiwan Ini Sedang Berlibur di Bali, Foto-Foto Seksinya Bikin Salah Fokus)

(Foto: Bettycrocker)

6. Jangan memanaskan margarin untuk cake terlalu lama, cukup lelehkan hingga tekstur margarin mencair. Memanaskan margarin terlalu lama akan menyebabkan kandungan air di dalam lemak menguap dan menjadikan cake tidak lembap atau kering teksturnya.

7. Setelah tepung terigu dimasukkan ke dalam adonan, sebaiknya pengadukan dilakukan menggunakan spatula bukan mikser. Mengaduk dengan mikser setelah tepung masuk bisa menyebabkan adonan turun dan cake menjadi bantat.

8. Sebaiknya semua bahan kering seperti tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, cokelat bubuk, dan baking diayak dan dicampur menjadi satu sebelum dimasukkan ke dalam adonan;

(Foto: Bettycrocker)

9. Masukkan margarin/mentega cair untuk cake pada tahap akhir. Sifat lemak yang berat akan membuatnya mengendap jika dicampur dari awal sehingga lemak tidak tercampur dengan baik, membuat adonan turun, dan cake tidak akan mengembang dengan sempurna saat dipanggang. Mencampur margarin dilakukan menggunakan spatula bukan mikser, mengaduk dengan mikser setelah margarin masuk bisa menyebabkan adonan cake turun.

10. Untuk resep bolu kukus, sebaiknya tambahkan fruit salt atau garam buah. Fruit salat merupakan campuran natrium bicarbonat dan cutric acid yang dapat membantu mengembangkan kue agar merekah pada bagian atasnya.

(Foto: Bettycrocker)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini