nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Faktor Mengejutkan yang Mempengaruhi Berat Badan Anda

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Minggu 29 April 2018 06:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 29 481 1892543 5-faktor-mengejutkan-yang-mempengaruhi-berat-badan-anda-MUKen8jkgA.jpg Ilustrasi (Foto: Fitday)

MEMERANGI obesitas nyatanya tak cukup hanya dengan memiliki kemauan keras saja, lantaran penelitian medis mengatakan sebaliknya.

Ada lima faktor mengejutkan yang dapat mempengaruhi berat badan Anda, seperti digali oleh The Truth About Obesity (Kebenaran Mengenai Obesitas), apa saja?

1. Mikroba di dalam perut

Gillian dan Jackie adalah saudara kembar - tetapi yang satu beratnya 41kg lebih dari yang lain. Prof Tim Spector telah melacak kondisi mereka selama 25 tahun, sebagai bagian dari studi kembar di Inggris.

Dia percaya besarnya perbedaan berat badan mereka akibat organisme kecil - mikroba - yang hidup jauh di dalam usus. "Setiap kali Anda makan apa pun, Anda memberi makan seratus triliun mikroba. Anda tidak pernah makan sendirian," katanya.

Sampel kotoran dari masing-masing kembar mengungkapkan bahwa Gillian, yang lebih kurus, memiliki mikroba yang sangat beragam, sedangkan Jackie memiliki sangat sedikit spesies yang hidup di ususnya.

"Semakin besar keragaman mikorba, semakin kurus orang tersebut. Jika badan Anda terlalu berat, mikroba Anda tidak seberagam yang seharusnya," kata Prof Spector, yang menemukan pola yang sama dalam penelitian terhadap 5.000 orang.

Memiliki pola makan yang sehat dan bervariasi, kaya akan sumber serat yang berbeda, telah terbukti dapat menciptakan berbagai mikroba usus yang lebih beragam.

Sumber serat makanan yang baik meliputi:

1. sarapan sereal gandum

2. buah-buahan, termasuk buah beri dan pir

3. sayuran, seperti brokoli dan wortel

4. polong-polongan

5. kacang-kacangan

(Baca Juga: 5 Camilan Khas Indonesia Ini Go Internasional Buntuti Rendang)

2. Gen tubuh

Mengapa sebagian orang rajin mengikuti diet dan berolahraga secara teratur tetapi masih berjuang untuk melihat hasilnya, sementara yang lain hampir tidak melakukan apa-apa namun tidak menimbun berat badan?

Para ilmuwan di Universitas Cambridge yakin 40-70% berat badan kita dipengaruhi variasi dalam gen yang kita warisi. "Itu adalah lotre," kata Prof Sadaf Farooqi.

"Sekarang sangat jelas bahwa gen terlibat dalam mengatur berat badan kita, dan jika Anda memiliki kesalahan tertentu pada beberapa gen, itu cukup untuk mendorong obesitas."

Gen tertentu dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang, berapa banyak makanan yang ingin mereka makan dan jenis makanan apa yang mereka lebih sukai. Gen juga dapat mempengaruhi bagaimana kita membakar kalori dan apakah tubuh kita dapat menangani lemak secara efisien.