Mandi dengan Sabun dan Sampo Buruk Bagi Kesehatan, Apa Alasannya?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 30 April 2018 06:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 29 481 1892615 mandi-dengan-sabun-dan-sampo-buruk-bagi-kesehatan-apa-alasannya-oPEzD7wNln.jpg Ilustrasi Mandi. (Foto: Reuters)

SIAPA yang jarang mandi? Anda pastinya akan mandi untuk menjaga kebersihan pribadi menggunakan sabun agar terhindar dari kuman yang memicu penyakit infeksi. Tapi siapa sangka pakai sabun dan keramas malah menimbulkan efek negatif bagi kesehatan Anda.

Setiap akan beraktivitas orang akan mandi. Begitupun saat pulang bekerja atau melakukan aktivitas di luar ruangan. Anda langsung segera mandi akan tubuh terasa rileks.

Sayangnya, menurut temuan dari penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli dari Columbia University School of Nursing, Dr. Elaine Larson, terlalu sering mencuci tubuh dengan sabun dan sampo, bisa merusak higienitas kulit. Pasalnya, beberapa bakteri baik yang seharusnya melindungi tubuh bisa terganggu.

Tubuh manusia dikenal sebagai rumah bagi berbagai mikroorganisme, termasuk bakteri, virus, archaea dan mikroba. Tapi tidak semua merugikan kita, banyak juga yang melindungi kita dari kuman jahat. Jadi kalau sering mandi dengan sabun atau sampo, justru dapat mengganggu mikroba.

Sebab, mikroba bertanggung jawab untuk menjaga kekebalan, pencernaan dan fungsi jantung. Demikian dilansir Boldsky.

Baca Juga: Gara-Gara Jadi Pengiring Pengantin 2 Hari Berturut-turut, Perempuan di China Harus Rela Kakinya Diamputasi

Oleh karena itu, batasi beberapa area di tubuh yang sensitif bila menggunakan sabun. Saat mandi, menggosok sabunnya juga harus pelan agar tidak memicu iritasi. Menurutnya, Anda akan lebih mudah terhindar dari penyakit, jika sering mencuci tangan.

Ratusan Siswa SD Ramaikan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Sementara aAsisten Profesor Dermatologi, Dr C Brandon Mitchell, dari The George Washington University mengatakan, keramas setiap hari juga tidak disarankan.

Orang dengan kulit kering, kulit kepala atau rambut sebaiknya keramas dengan sampo paling tidak dua kali seminggu. Tapi, jika memang Anda mengalami masalah kulit kepala seperti ketombe, maka rambut harus lebih sering dicuci.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini