Cicipi Kue-Kue Terenak di Dunia, Salah Satunya Dorayaki Camilan Favorit Doraemon

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 30 April 2018 09:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 30 298 1892741 cicipi-kue-kue-terenak-di-dunia-salah-satunya-dorayaki-camilan-favorit-doraemon-y1uIG7d9X0.jpg Kue Dorayaki (Foto: Artforia.com)

KUE telah menjadi salah satu makanan favorit banyak orang di dunia, terlebih ketika teknologi oven berhasil diciptakan. Berbicara soal kudapan bercita rasa manis ini, ternyata sejumlah negara memiliki berbagai varian kue unik yang telah ditemukan sejak ratusan tahun lalu.

Saking lezatnya, hingga saat ini kue-kue tersebut masih menjadi daya tarik suatu negara untuk mempromosikan potensi industri kuliner mereka. Lalu, apa sajakah kue-kue terlezat yang ada di dunia? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari CNN, Minggu (29/4/2018).

Tiramisu, Italia

Dalam bahasa Italia, tiramisu memiliki arti “ambillah aku”. Secara umum, tiramisu merupakan kue bercita rasa manis namun mengandung sedikit kafein karena diolah dengan campuran bubuk kopi. Proses pembuatannya sendiri cenderung unik. Masyarakat Italia biasanya akan mencelupkan adonan ke dalam kopi, kemudian dicampurkan dengan keju mascarpone yang dikocok dengan telur dan gula.

Namun untuk versi modern, kue ini seringkali menggunakan kue boleh sebagai gantinya. Menyantap tiramisu juga sudah menjadi kebiasaan yang sangat populer di Italia dan biasanya dijadikan sebagai peneman minum kopi.

 Hasil gambar untuk Tiramisu

Black Forest, Jerman

Hasil gambar untuk black forest cake

Tidak banyak yang mengetahui bahwa kue bolu cokelat yang biasanya dihiasi dengan buah ceri ini ternyata berasal dari Jerman. Popularitasnya memang jauh lebih dikenal di sejumlah negara di Indonesia, dibandingkan di negara asalnya.

Di Jerman kue ini dinamakan Schwarzwalder kirschtorte dan terbuat dari campuran kirschwasser (cherry brandy). Tapi jangan salah, bahan dasar untuk membuat black forest jauh lebih kompleks dari hanya sekadar minuman beralkohol tersebut. Masyarakat Jerman selalu menambahkan adonan kue yang telah dicampurkan dengan krim kocok, lalu diberi tambahan beberapa potong buah ceri sebagai toppingnya.

Cheesecake, Amerika Serikat

Nah, bagi Anda yang menyukai makanan bercita rasa manis tentu sudah tidak asing lagi dengan kudapan yang satu ini. Ya, cheesecake merupakan salah satu jenis kue asal Negeri Paman Sam Amerrika, yang terbuat dari keju, gula, telur, remahan kue kering, dan tentunya cream cheese sebagai pelengkap.

Namun menurut sejarah, asal mula cheesecake sebetulnya telah dikenal oleh masyarakat Roma, di mana mereka pertama kali memperkenalkannya pada tahun 1800-an. Seiring berjalannya waktu, kue ini pun semakin dikenal luas hingga akhirnya menjadi salah satu kue andalan kota New York, Amerika Serikat.

Hasil gambar untuk Cheesecake

Lapis Legit, Indonesia

Pernah membayangkan menyantap olahan kue yang terdiri dari beberapa lapis adonan spons bertektur lembut? Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Olahan lapis legit asal Nusantara ini ternyata sempat menarik perhatian dunia karena keunikan dan teknik pengolahannya.

Lapis legit sebetulnya terbuat dari campuran kuning telur, mentega khas Belanda (wijsman), dan terkadang diberi tambahan bumbu rempah-rempah seperti bubuk kayu manis dan pala. Kendati demikian, banyak yang mengganggap bahwa membuat kue ini cukup melelahkan, mengingat Anda harus memanggang lapisan adonan yang memakan waktu hingga berjam-jam. Tapi jangan salah, dari segi rasa lapis legit tidak kalah lezatnya dengan kue-kue yang ada di dunia.

Hasil gambar untuk Lapis legit

Dorayaki

Para penggemar anime Jepang pasti sudah familiar dengan olahan kue yang satu ini. Dorayaki pertama kali dipopulerkan setelah muncul dalam serial tv kartun “Doraemon”. Kue tersebut memadukan dua kembang gula Jepang yang kemudian diisi dengan pasta kacang merah manis (anko).

Kue berbentuk cakram kecil ini kemudian dinamai dora yang berarti gong dalam bahasa Jepang. Legenda mengatakan, dorayaki diciptakan oleh pasangan lansia yang memasak pancake di atas sebuah gong yang ditinggalkan oleh seorang samurai yang mereka rawat, pada masa Edo. (ren)

Hasil gambar untuk Dorayaki

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini