nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ochazuke, Makanan Khas Jepang yang Sudah Ada Sejak 300 Tahun Lalu

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 30 April 2018 18:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 30 298 1892998 ochazuke-makanan-khas-jepang-yang-sudah-ada-sejak-300-tahun-lalu-bGvwSOwccY.jpg Foto: Istimewa

OCHAZUKE merupakan makanan tradisional Jepang yang sudah ada selama lebih dari 300 tahun sejak zaman Edo pada 1700-an.

Mulanya makanan ini dikembangkan para pekerja Jepang di perusahaan perdagangan yang ingin mengonsumsi makanan secepat mungkin agar dapat kembali bekerja.

Tidak seperti sekarang, di mana orang-orang punya cara untuk membuat nasi tetap panas, pada zaman itu mereka memanaskan nasi dengan menuangkan teh panas di atasnya. Hal itu merupakan satu-satunya cara mudah dan cepat bagi mereka.

Karena itu, cara makan demikian menjadi kebiasaan bagi orang Jepang secara turun temurun sehingga disebut ochazuke , yang kemudian berkembang populer di kalangan masyarakat Jepang menjadi makanan tradisional rumahan hingga kini.

Pada zaman itu, mereka biasa menggunakan berbagai jenis teh Jepang. Namun, saat ini ochazuke dapat dinikmati dengan dashi atau sup yang dibuat dari kaldu ikan dan sari rumput laut yang kita kenal dengan sebutan dashi chazuke.

[Baca Juga: Serunya Kuliner di Restoran Jepang Pertama di Jakarta!]

Dashi chazuke menjadi makanan yang sangat disukai orang Jepang karena dashi atau sup tersebut cocok untuk segala jenis makanan Jepang.

Di Indonesia, untuk mencoba menu ochazuke , Anda bisa datang ke restoran cepat saji seperti di Grand Indonesia.

 

Foto: screenshoot dari akun youtube JapaneseCooking101

“Kami sangat memperhatikan setiap bahan dan detail persiapan dalam pembuatan chazuke. Di sini menggunakan bahan segar dan kaldu yang dianggap sebagai esensi chazuke, disiapkan baru setiap hari,” ungkap Seli Kanalomi, manager salah satu restauran Chazuke di sana.

Cara makannya adalah dengan menyantap nasi dengan lauk atau topping di atas nasi beberapa suap, kemudian menuangkan kuah dashi ke nasi sampai separuh tenggelam. (abp)

[Baca Juga: Jepang Protes Makanan Penutup yang Disuguhkan Korsel untuk Jong-un]

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini