Tips Mudah Hilangkan Plak Gigi dengan Bahan Dapur, Senyum Kembali Cemerlang!

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 30 April 2018 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 30 481 1892842 tips-mudah-hilangkan-plak-gigi-dengan-bahan-dapur-senyum-kembali-cemerlang-ABPZ6QCn3k.png Hilangkan plak gigi dengan bahan dapur (Foto: Ntdindia)

SETIAP orang tentu ingin memiliki gigi putih dan bersih. Tapi terkadang kebiasaan sehari-hari dapat membuat gigi bermasalah salah satunya karena ada plak. Plak adalah kumpulan bakteri yang bisa membuat gigi berubah warna maupun tanggal. Maka tak heran bila beberapa orang rutin membersihkan giginya guna menghilangkan plak.

Melansir Bright Side, Senin (30/4/2018), berikut tips mudah menghilangkan plak gigi menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur:

Soda kue

Percaya atau tidak, soda kue dapat digunakan sebagai scrub alami untuk menghilangkan plak gigi. Soda kue juga sering digunakan dalam banyak obat. Untuk mendapatkan manfaat dari bahan ini caranya cukup mencampurkan satu sendok makan soda kue dengan sedikit garam. Kemudian basahi sikat gigi dan celupkannya ke dalam campuran tersebut. Selanjutnya gosok gigi seperti biasa.

Lidah buaya dan gliserin

Sama seperti pemanfaatan soda kue, lidah buaya dan gliserin dapat menjadi pasta gigi yang membantu menghilangkan plak. Caranya campurkan satu cangkir air dengan satu sendok teh gel lidah buaya, empat sendok makan gliserin sayuran, dan satu sendok makan minyak esensial lemon. Bisa juga ditambahkan dengan setengah cangkir soda kue. Kemudian gosoklah gigi dengan campuran tersebut.

(Baca Juga: Viral Pernikahan Pasangan SMP, Netizen Salah Fokus ke Make Up Manten

Kulit jeruk

Cara mudah selanjutnya adalah menggunakan kulit jeruk. Caranya gosoklah kulit jeruk ke gigi selama beberapa menit kemudian bilaslah dengan air. Kulit jeruk membantu membersihkan email gigi, memutihkan gigi, membantu mencegah noda, dan melawan bakteri.

Biji wijen

Mengunyah segenggam biji wijen selama beberapa menit dapat membersihkan gigi dari plak dengan mudah dan lembut. Selesai mengunyah, keluarkan biji wijen dan kemudian gunakan sikat kering untuk menghilangkan biji yang tersisa.

Baca Juga: Untuk Perempuan Milenial, Waspadai 5 Gejala ISK biar Tidak Sering Anyang-anyangan

Tumbukan buah dan sayuran

Menumbuk buah dan sayuran yang mengandung vitamin C adalah cara cepat dan mudah untuk menghilangkan plak gigi. Tumbuklah tomat, stroberi, dan jeruk kemudian jadikan pasta gigi. Gosoklah tumbukan tersebut ke gigi selama 5-6 menit dan bilas. Cara ini dapat membantu membunuh bakteri dan menyegarkan napas.

Cuka

Meskipun asam, cairan ini secara alami dapat membersihkan gigi. Campurkan dua sendok makan cuka, satu sendok makan garam, dan air. Kemudian kumur-kumur cairan tersebut selama beberapa menit dan dapatkan hasilnya beberapa hari kemudian.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini